Pengertian digital marketing

Apa Itu Digital Marketing

Pengertian digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan.

Akibatnya perusahaan saling berkopetisi membuat dalam konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya didunia.

Beberapa contoh teknik pemasaraan yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), iklan online seperti FB ads dan Google ads,ptomosi media cetak,iklan televisi dan radio.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Tentunya para ahli dalam digital marketing memiliki definisi masing masing. Adapun pengertian digital marketing menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media.Sebagai contoh yaitu blog,website,e-mail,adwords dan berbagai macam jaringan.

Kledindl dan Burrow (2005)

Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksaan dari konsep,ide,harga,promosi.

Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan emeliharaan hubungan yang saling menguntungkan anatar pembeli dan penjual.

Heidrick dan Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digambar gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang yang sangat berpengaruh.

Kelebihan Digital Marketing

 

Banyak digital marketing yang dipakai oleh perusahaan perusahaan membuktikan bahwa ini memiliki banyak keloebihan dan manfaat yang dapat diperoleh,apa saja? Berikut ini beberaa kelebihan  dari pemasaraan digital dibandinglkan dengan pemasaran konvensional.

 Kecepatan Penyebaran

Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik.

Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online hasil dari kegiatan emasaran dapat langsung diketahui. informasi seperti beberaa lama produk anda ditonton, beberapa banyak orang yang melihat produk anda,beberaa %(persen) konversi penjualan dari setiap iklan.

Setelah menggetahui informasi seperti itu, selanjutnya anda dapat melakukan evaluasi iklan yang baik dan buruk.

Jangkauan Lebih Luas

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional tentu sajadigital marketing jauh lebih murah dan efektif.Anggaran yang dihemat dapat sampai 40% hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report.

Selain itu saya juga menjukan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu anda membangun nama brand dengan baik. eksitensi dunia maya dengan keberadaannya brand anda sangat penting karena orang akan melakukan pencairan online.

Jenis Digital Marketing

Website

website adalah berperan dalam menunjukan profesionalisme  perusahaan,membantu konsumen mengetahui bisnis,menawarkan yang hemat dan media bisnis yang mudah.

Search Engine M arketing

untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi atas search engine optimization (SEO) dan search Engine Marketing(SEM).

SEO dapat dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

Social Media Marketing

Diedarkan  platform di media sosial seperti facebook dan twiter karena dapat dilakukan dengan biaya yang menim.Tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.

Online Marketing

Media mempromosikan melalui jaringan intirnet dengan berbayar, mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelum sebelumnnya.

Email Marketing

Anda dapat memberitahukan info info yang terbaru mengenai progam promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa.

Vidio Marketing

Dengan cara ini kamu dapat langsung menjelaskan tentang bisnis anda, menjelaskan produk dan cara cara menggunakannya serta menampilkan testimoni pelanggan.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *