Yuk, Mengenal Pengertian Sertifikasi Kompetensi

Sebagian besar perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentu memiliki ekspektasi terhadap calon karyawannya. Tentunya agar calon karyawan yang bekerja di perusahaannya kelak menjadi karyawan yang mampu bekerja menyelesaikan tugas-tugasnya. Perusahaan tentu akan mencari calon karyawan yang potensial untuk bekerja di perusahaannya. Salah satunya dengan mewajibkan adanya sertifikasi yang wajib dimiliki oleh para pelamar kerja sesuai pada posisi atau bidang keahlian yang mereka ambil.

Mungkin banyak dari kita yang masih belum paham dengan pengertian maupun konsep dari sertifikasi kompetensi. Maka dari itu, ntuk mengenal lebih dekat apa itu sertifikasi kompetensi, mari simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Sertifikasi Kompetensi

Umumnya perusahaan akan mewajibkan para calon karyawannya untuk memiliki Ijazah dan Sertifikasi Kompetensi untuk melamar kerja pada bidang maupun posisi yang mereka pilih.

Ijazah merupakan dokumen yang menjadi bukti bahwa kita telah menyelesaikan pendidikan suatu lembaga atau sekolah yang terakreditasi, baik kampus maupun sekolah kita sebelumnya yang mengeluarkan Ijazah tersebut. Ijazah tidak memiliki masa berlaku, dengan begitu Ijazah dapat kita gunakan kapan pun tanpa memiliki batas berlaku.

Mengetahui Apa Itu Sertifikasi Kompetensi

Sedangkan untuk Sertifikasi Kompetensi merupakan dokumen yang menyatakan secara spesifik yang menjadi bukti bahwa seseorang telah ahli dalam bidang tertentu. Sertifikasi ini dapat memperlihatkan seseorang telah lolos dalam suatu instansi atau lembaga karena mampu menguasai bidang keahliannya. Seseorang yang telah ahli dalam bidangnya, akan terlampir nilai pada sertifikasinya tersebut. Hanya saja pada sertifikasi ini berlaku hanya beberapa waktu saja, umumnya sertifikasi ini berlaku selama 2 tahun.

Menurut PERPRES 8/2012, menyatakan bahwa sertifikasi kompetensi dokumen yang diberikan secara sistematis dan objektif dan mengindikasi pencapaian dalam berbagai uji yang sesuai dengan SKKN, Standar Nasional, dan/atau Standar Khusus. Sehingga nantinya sertifikasi ini memiliki fleksibilitas baik cakupan nasional maupun internasional.

Pada sertifikasi ini bisa kalian dapatkan jika telah berhasil menempuh pendidikan, baik dari suatu lembaga pendidikan atau sekolah maupun di luar lembaga pendidikan resmi.  Sertifikasi ini bisa kita dapatkan sesuai dengan minat bidang keahlian. Misalnya, seseorang yang memiliki keahlian pada bidang pertambangan. Spesifikasi yang berhubungan dengan kompetensi tersebut terkait keselamatan atau pengelolaan.

Seperti itulah pengertian mengenai Sertifikasi Kompetensi, jika kalian menyukai artikel informatif lainnya, bisa kunjungi laman website Campus Digital.

Plagiasi Artikel Pengertian Sertifikasi Kompetensi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *