Optimasi SEO: Hal-Hal yang Wajib Kamu Ketahui

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara website dalam mengoptimasi untuk tujuan memperoleh rangking teratas di hasil pencarian. Dengan mendapat peringkat tinggi, potensi trafik organik pun meningkat. Selain itu, optimasi SEO juga akan membantu kalian dalam mendapatkan trafik yang tepat.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari menggunakan prosedur tertentu dalam menetapkan konten yang layak menempati peringkat teratas. Algoritme ini berlaku untuk semua mesin pencari, baik itu Google, Yahoo!, Bing, maupun Duckduckgo.

Google sendiri telah menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia. Google selalu meng-update algoritmanya untuk menyuguhkan hasil pencarian yang sesuai dan solutif bagi penggunanya.

Jadi, kalian harus selalu mengikuti algoritma Google, sebab teknik optimasi berdasarkan algoritma lama Google tidak akan memberikan dampak apa pun.

Lalu, bagaimana cara optimasi SEO  yang cocok dengan algoritma Google terbaru?

8 Indikator Utama SEO

Indikator utama SEO selalu berubah, tergantung pada algoritma Google. Berikut delapan indikator SEO yang terbaru.

Baca Juga: Cara Belajar SEO, Blogger Pemula Wajib Tahu! 

  1. Struktur URL

Struktur URL yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali website kalian. Buatlah struktur URL yang simple yang cukup mengandung judul artikel dan nama domain.

  1. Penggunaan SSL/TLS

Google mulai mengutamakan website-website yang menggunakan SSL/TLS sejak tahun 2014. Website dengan SSL/TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut, sehingga keamanan data pengguna lebih terjamin.

Google Chrome juga menandai website tanpa SSL/TLS sebagai not secure. Jadi, ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk mengganti domain menjadi SSL/TLS jika website kamu belum menggunakannya.

Cara mengecek apakah website sudah memakai SSL/TLS atau belum ialah dengan melihat alamat website di browser. Website yang sudah menggunakan SSL/TLS, alamat websitenya berawal dengan HTTPS.

  1. Topik Konten

Kalian harus mempunyai beberapa topik utama yang saling berkaitan untuk menciptakan struktur website yang baik. Misal, jika kalian mempunyai blog tentang kuliner, berarti paling tidak harus ada beberapa topik utama seperti review makanan, resep-resep makanan, dan sebagainya.

Makin banyak konten yang topiknya yang saling terkait, makin besar pula kesempatan bagi website kalian untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian. Hal ini dikarenakan, mesin pencari lebih mudah mengenali website dengan konten yang topiknya saling berkaitan.

  1. Search Intent

Search intent atau maksud pencarian ialah apa yang kebanyakan pengunjung inginkan atau cari terhadap suatu kata kunci. Contohnya, pada saat menuliskan keyword “bola” di Google, maka hasil pencarian teratasnya akan menampilkan berbagai portal berita bola.

Mengapa website yang membahas tentang definisi bola atau jenis bola tidak bisa menang dalam keyword ini? Penyebabnya adalah mayoritas pengguna yang mencari kata kunci “bola” pada dasarnya bermaksud untuk mencari berita bola, bukan pengertian bola dan jenis-jenisnya. Sehingga, Google mementingkan konten yang sesuai dengan search intent mayoritas pengguna.

  1. Struktur Konten

Membuat konten yang mudah dipahami adalah suatu keharusan. Hal ini agar pengunjung bisa mendapatkan informasi dengan jelas.

Bagaimana caranya membuat struktur konten yang rapi? Gunakanlah heading dan subheading untuk poin-poin penting dalam konten kalian. Tambahkan foto, ilustrasi, infografik, atau video untuk semakin membantu pembaca dalam memahami konten.

  1. Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Fungsi meta tags ialah membantu Google dalam memahami keseluruhan konten pada suatu halaman website.

Dalam membuat konten, perhatikan penulisan meta tag. Pertama, title tag adalah judul artikel. Jangan buat judul artikel yang terlalu panjang, sebab Google akan memotongnya. Kedua, meta description atau teks yang berupa rangkuman konten kalian yang posisinya berada di bawah judul artikel. Meta description terdiri dari 120 sampai 130 karakter.

  1. Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor andalan optimasi SEO. Makin banyak backlink yang menuju website kalian, maka Google akan menganggap website kalian memiliki kredibilitas tinggi. Namun perlu kalian ingat pula, backlink tersebut juga harus berasal dari situs yang berkualitas.

  1. Kecepatan Website

Kecepatan loading website juga memegang peran penting dalam optimasi SEO. Google telah menetapkan kecepatan loading website sebagai salah satu indikator utama SEO. Semakin cepat website termuat, maka kemungkinan bagi website kalian untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google akan besar.

 

Itulah beberapa hal tentang optimasi SEO yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaranmu. Apabila kamu masih ingin tahu lebih banyak tentang SEO, kunjungi program dari Campus Digital, yuk!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *