Saat ini Tiktok adalah salah satu platform sosial media terpopuler yang digunakan banyak orang dan sedang menjadi tren di masyarakat.
Lalu apa itu TikTok?
TikTok adalah sebuah platform sosial media yang menampilkan video pendek kreatif. Penggunanya bisa membuat, mengedit dengan filter dan musik sebagai pendukung, serta dapat membagikannya kepada teman atau khalayak umum di seluruh dunia.
Aplikasi tersebut diluncurkan pada awal September 2016 oleh seorang pengusaha asal Tiongkok bernama Zhang Yiming, yang merupakan pendiri dari perusahaan berbasis teknologi yaitu ByteDance.
Tahun 2018, Tik Tok menjadi salah satu aplikasi yang cukup booming di Indonesia. Namun, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memblokir aplikasi ini karena dianggap tidak memberikan konten yang mendidik.
Kendati demikian, setelah berselang satu bulan pemblokiran, yaitu pada bulan Agustus 2018, masyarakat dapat mengunduh kembali aplikasi tersebut. Bahkan kini TikTok menjadi platform sosial media terpopuler. Bagaimana tidak? Jumlah pengguna aktif mereka dalam Monthly Active User (MAU) pada bulan Oktober 2020 mencapai 732 juta orang di seluruh dunia dan di Indonesia sendiri memiliki 10 juta pengguna aktif. Penggunanya juga berada di rentang usia 18-24 tahun. Hal ini tentu saja merupakan kesempatan emas bagi para pelaku bisnis yang menyasar kalangan Gen Z untuk memanfaatkan media digital tersebut sebagai channel pemasaran mereka.
Kalau Begitu, Apa Kelebihan TikTok?
Berbeda dengan sosial media lainnya, TikTok memiliki karakteristik yang unik sehingga dapat memberikan poin plus di mata penggunanya. Berikut adalah kelebihan aplikasi tersebut yang berguna untuk memasarkan produk dan mengembangkan bisnismu.
1. Memiliki 732 Juta Pengguna Aktif
Pada hasil laporan Monthly Active User (MAU) menyatakan bahwa TikTok memiliki 732 juta pengguna aktif dan rata-rata penggunanya menghabiskan waktunya sekitar 89 menit dalam sehari untuk berselancar di sosial media tersebut. Tak hanya itu, 47% pengguna juga menyatakan bahwa mereka merasa tergoda untuk membeli sesuatu setelah menonton konten video di TikTok. Sedangkan 67% pengguna menyatakan bahwa mereka terinspirasi untuk membeli produk yang sebelumnya belum pernah terpikirkan. Tentu saja, hal ini menjadi peluang besar bagi kamu dan pelaku bisnis khususnya untuk mengenalkan dan meningkatkan penjualan produknya.
Baca juga TikTok, Aplikasi dengan Fitur Menarik yang Cocok Digunakan untuk Berbisnis
2. Kemudahan Membuat Konten Video
Semua kalangan dapat memanfaatkan fitur-fitur editing video yang TikTok tawarkan untuk megusung konsep video berdurasi pendek yang menarik. Tidak perlu kemampuan khusus untuk menciptakan video yang bagus dan menarik, kamu cukup mengedit langsung video di aplikasi tersebut dan kamu bisa menciptakan konten video yang kamu inginkan.
3. Tidak Ada Iklan yang Mengganggu
Berbeda dari sosial media lainnya yang tiba-tiba menampilkan iklan di beranda penggunanya, menjeda video yang terputar pada gadget pengguna, dan menghentikan aktivitas sosial media sementara karena iklan memenuhi layar gadget, TikTok tidak melakukan hal tersebut. Pengguna aplikasi tersebut secara bebas dapat menikmati konten-konten yang muncul di following ataupun berandanya tanpa gangguan iklan. Maka penting bagi kamu untuk membuat konten marketing dengan berbagai konsep menarik tanpa mengganggu atau mendistraksi target market.
4. Konten TikTok Lebih Sering Dishare
Dengan membuat konten video yang menarik perhatian pengguna TikTok, konten video mu akan sangat mudah untuk mendapatkan share dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Tentu saja hal ini akan memberikan kamu keuntungan apalagi jika kamu menginginkan momentum viral bagi produk kamu.
Bagaimana? Tertarik untuk lebih mengenal dan memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran bisnismu? Campus Digital punya berbagai pelatihan untuk meningkatkan skil digital marketing termasuk cara terjun ke TikTok, sehingga konsumen dapat mengenal produkmu. Tunggu apa lagi? Ayo bergabung bersama kami!