Mengeksplorasi Belajar-Mengajar di Platform Digital

Eksporasi kegiatan belajar mengajar terus berkembang bersamaan dengan menghadapi bergulirnya perkembangan zaman. Hal initentunya harus mengikuti perkembangan pendidikan dalam dunia belajar mengajar. Datangnya musibah pandemi menuntut sekolah dan banyak stakeholder untukĀ  bergerak lebih cepat dalam mengatasi kegiatan belajar mengajar. Tentunya memerlukan bantuan teknologi digital untuk mengatasi permasalahan ini. Maka dari itu mengeksplorasi belajar mengajar di platform digital perlu tinjauan lebih jauh lagi agar pemanfaatan dan pengelolaannya lebih maksimal.

Pendapat Tokoh Pendidikan

Banyak tokoh pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyampaikan berbagai pendapat. Salah satunya yaitu bahwa transformasi digital pada dunia pendidikan mau tidak mau akan segera terjadi dan terus bergulir kemajuannya seiring perkembangan zaman. Bermulanya pandemi menjadi awal keseluruhan akselerasi program pendidikan menjadi otomatis melalui platform online. Sekolah dan para stakeholder pendidikan dengan segera mengadopsi layanan platform digital dengan bekerja sama pada berbagai vendor penyedia layanan. Solusi pembelajaran digital terdapat pada aplikasi e-learning dengan Learning Management System yang penggunaannya sangat sering yaitu https://campusnet.id/. Peniadaan kegiatan belajar mengajar melalui tatap muka, dan beralih ke platform digital maka terbentuklah ruang kelas virtual dan akses layanan pendidikan yang terintegrasi dengan sistem layanan teknologi pada laptop.

Usaha Pemerintah untuk Eksplorasi Pembelajaran Melalui Platform Digital

Berbagai usaha dan upaya telah pemerintah lakukan dengan segesit mungkin untuk membantu dunia pendidikan seperti mengakselerasi literasi digital. Dimana di dalamnya termasuk dengan memberikan kuota gratis internet kepada stakeholder pendidikan yaitu para pengajar dosen atau guru dan juga siswa serta mahasiswa di seluruh Indonesia. Tentunya juga terhubung langsung dengan insitusi pendidikan masing-masing. Selanjutnya pemerintah juga telah menyediakan pelatihan untuk guru, dan masih banyak lagi program pemerintah yang mendukung berjalannya eksplorasi pembelajaran melalui platform digital. Eksplorasi ini merupakan hal yang perlu terus gencar pemberian informasinya agar seluruh praktisi pendidikan dapat mendalami serta menerapkan pembelajaran virtual yang bisa dengan mudah generasi milenial atau generasi Z masa kini memahaminya. Peluang yang besar apabila pemerintah juga masuk ke dalam masyarakat Indonesia yang merupaka pengguna internet aktif di dunia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *