Efektifkah LMS Sebagai Media Belajar Siswa SD?

efektifkah lms sebagai media belajar sd?
efektifkah lms sebagai media belajar sd?

Efektifkah LMS sebagai media belajar siswa SD? – Perubahan sistem pembelajaran di beberapa instansi pendidikan akibat adanya pandemi Covid 19 membuat beberapa pengajar sedikit kebingungan mengikuti perubahannya. Di Indonesia sendiri masih banyak instansi atau sekolah sekolah yang menggunakan model pembelajaran secara langsung atau tatap muka, dan menggunakan internet sebagai pendukung atau tambahan. Penggunaan metode tatap muka mejadi metode yang mudah. Hal ini disebabkan karena banyak sekolah sekolah di Indonesia yang belum memiliki akses internet serta keterbatasan peralatan seperti komputer, handphone dan lain lain. Selain itu juga keterbatasan pengajar yang belum begitu mahir menggukan atau mengoperasikannya seacara publik di depan siswa siswanya.

Lantas efeltifkah LMS sebagai media belajar siswa SD di masa pandemi ?

Masih banyak hal yang perlu diteliti dan perlu survey menyeluruh mengenai hal ini, namun ada beberapa poin yang bisa menyebabkan LMS tidak efektif, berikut poinnya :

1. Keterbatasan Keterampilan Pengajar

Masih banyak guru guru sekolah dasar yang belum memiliki keterampilan mengenai dunia internet, bahkan ada beberapa guru yang sama sekali tidak bisa mengoperasikan komputer atau laptop hingga saat ini. Hal ini menjadi penghambat proses pembelajaran jarak jauh jika pengajarnya belum memiliki kemampuan yang memadai.

2. Keterbatasan Perangkat

Proses pembelajaran jarak jauh pasti membutuhkan perangkat perangkat untuk menunjang proses pembelajaran tersebut. Namun pada nyatanya masih banyak baik pengajar atau guru dan siswa yang belum memiliki perangkat yang memadai baik handphone atau komputer. Ini terjadi karena tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan tersebut karena berbagai faktor.

3. Keterbatasan Jaringan

Seperti keterbatasan perangkat tadi, di Indonesia sendiri masih banyak wilayah yang belum bisa mendapatkan pasokan listrik yang cukup. Sehingga menjadi kendala baru baik bagi siswa dan guru.

Masih banyak poin poin mengenai topik tersebut, tapi pada intinya untuk saat ini penggunaan LMS sebagai media belajar siswa SD masih belum tepat dan efektif. Selain karena poin tersebut, penggunaan media internet untuk proses pembelajaran siswa SD kurang sesuai karena umur dan pemahaman anak yang masih minim. Untuk itu penggunaan LMS sebagai media belajar siswa SD belum efektif. Dan hal ini masih menjadi pekerjaan rumah bersama untuk mencari solusinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *