Community Marketing di Era Digital Marketing

Community Marketing di Era Digital Marketing
Community Marketing di Era Digital Marketing

Community Marketing di Era Digital MarketingBanyak sekali strategi yang dapat kamu gunakan untuk bisnismu di era digital marketing seperti sekarang. Salah satunya adalah community marketing. Kira-kira apa itu community marketing? Apa saja manfaatnya untuk bisnis? Yuk, simak artikel ini dan temukan jawabannya!

Apa Itu Community Marketing?

Community marketing merupakan strategi marketing yang melibatkan komunitas konsumennya dalam aktivitas pemasaran melalui interaksi jangka panjang. Di era digital marketing seperti sekarang, community marketing dapat dilakukan baik secara offline maupun online seperti grup di media sosial, event, komunitas yang berada di suatu daerah, forum online, atau seminar. Dengan community marketing, kamu dapat menjalin hubungan baik antara bisnis dan konsumenmu. Mendengarkan dan merespon apa saja keinginan serta kebutuhan konsumen adalah fokus dari community marketing. Selain itu, menggunakan community marketing untuk bisnismu dapat membantu dalam melakukan promosi, meningkatkan penjualan, mendapatkan konsumen baru, dan menambah leads secara halus.

Manfaat Community Marketing di Era Digital Marketing

Beberapa manfaat community marketing untuk bisnismu di era digital marketing yang wajib kamu ketahui.

1.      Meningkatkan Kepercayaan dan Kesetiaan Pelanggan

Di zaman ini, konsumen tidak hanya sekedar memilih dan menggunakan produk kamu. Mereka ingin terlibat dalam interaksi dan ikut tumbuh bersama bisnismu. Melalui community marketing, kamu bisa mendengarkan complain, saran, atau mengajak konsumen berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bisnismu. Kemudian, ini akan membuat mereka merasa diperlakukan sebagai manusia yang berperan penting dalam bisnismu sehingga akan meningkatkan kesetiaan dari konsumen itu sendiri.

2.      Brand Awareness yang Semakin Meluas

Community marketing akan memberikan kesempatan bagi komunitas yang merupakan konsumenmu untuk membicarakan bisnis kamu dengan orang banyak. Apabila hal ini terjadi, maka akan semakin banyak orang yang mengenal produk atau jasa yang kamu tawarkan. Semakin banyak orang yang mengenal brandmu, potensi mendapatkan konsumen baru pun semakin tinggi.

Baca juga Mengenal SEO dalam Dunia Digital Marketing

3.      Semakin Mengenali dan Dekat dengan Konsumen

Dengan community marketing, kamu akan lebih mudah mendapatkan berbagai informasi seperti detail kebutuhan konsumen. Hal ini terjadi karena kamu melakukan interaksi langsung dengan konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Kemudian, nformasi tersebut bisa kamu gunakan untuk memperbaiki banyak aspek dalam bisnismu.

4.      Membantu Bisnismu dan Konsumen Membangun Hubungan Jangka Panjang

Community marketing akan membantu kamu mendapatkan konsumen atau pelanggan tetap yang setia menggunakan produk atau jasamu. Pelanggan setia ini didapatkan karena mereka merasa dihargai dan tidak dihiraukan sebagai konsumen. Mereka pun akan setia membeli berbagai produk kamu lagi.

Apakah kamu sudah menggunakan strategi community marketing pada bisnismu? Atau ingin mengetahui strategi digital marketing lainnya? Yuk, ikuti kursus di Campus Digital dan perdalam ilmu digital marketing kamu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *