Digital Marketing generasi millenial
Sadarkah kalian, menurut sumber penelitian data yang di lansir oleh We are Social, sebuah agensi digital marketing di Amerika, menyebutkan bahwa platform media sosial yang paling banyak di Indonesia per Januari 2017 adalah Youtube 49% user dan oleh Facebook sebesar 48% user. Posisi selanjutnya akan menempati pada Instagram 39% user, Twitter 38% user , Whatsapp 38% user, dan Google 36% user. Media social lainnya di tempati secara berurutan oleh FB Messenger, Line, Linkedin, BBM, Pinterest, dan Wechat (Kemp, 2017).
Pada era teknologi digital telah mengubah manusia dalam berkomunikasi, bertindak, dan mengambil keputusan. Aktivitas pemasaran tidak lepas dari pengaruh teknologi digital. Istilah dalam pemasaran berbasis social media yakni digital marketing telah mengalami evolusi pada awalnya hanya kegiatan melalui pemasaran barang dan jasa yang menggunakan saluran digital menjadi pengertian yang lebih luas yakni suatu proses membangun preferensi konsumen, memperoleh konsumen, dan meningkatkan penjualan.
Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
- Sasaran atau target mudah dalam mengatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan pengguna media social.
- Hasilnya akan terlihat cepat sehingga pemasar oleh karena itu, akan mudah melakukan tindakan koreksi atau perubahan yang tidak sesuai.
- Biayanya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional
- Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis
- Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu
- Hasilnya dapat untuk diukur, misal jumlah konsumen yang melakukan pembelian online, jumlah pengunjung situs.
Di sisi lain, digital marketing memiliki kelemahan, di antaranya:
- Mudah untuk ditiru oleh pesaing
- Dapat disalahgunakan oleh pihak oknum yang curang
3.Reputasi menjadi tidak baik ketika ada respon negatif, sehingga kepercayaan menjadi berkurang
Dengan kita mengikuti pembelajaran tentang digital marketing ini meletakkan dasar pemasaran media sosial. Teknik ini sangat bermanfaat untuk belajar dalam digital marketing dan bermanfaat untuk:
- Mempelajari apa yang dimaksud dengan pemasaran media sosial, termasuk sejarah dan cara peningkatan platform pemasaran dan berbagai saluran media sosial yang ada di luar sana.
- Akan belajar cara memilih saluran media sosial yang sesuai dengan kebutuhan, menetapkan sasaran dan metrik keberhasilan,
- Menentukan siapa audiens target. Hal ini akan membantu dalam membangun dasar yang kuat untuk pemasaran media sosial dan mendapatkan keterampilan yang dalam penerapannya yang akan membuat upaya pemasaran media sosial lebih sukses dan terlihat.
Dengan kursus ini anda tidak memerlukan pengalaman pemasaran, tetapi harus memiliki keterampilan navigasi internet dasar dan bersemangat untuk berpartisipasi dan terhubung di media sosial. Baca Juga mengenai hal cara mengikuti digital marketing di Campus Digital https://campusdigital.id/program-pelatihan-digital-marketing-reguler?ref=farisfanani
Seperti contohnya penjual, mereka juga dapat memantau, menyediakan kebutuhan dan keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu serta geografis. Pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing sertamemanfaatkan media social secara optimal, namun mereka menghadapi beberapa kendala, seperti halnya kurangnya pemahaman tentang teknologi informasi.
Pemahaman pengguna social media tentang bagaimana memaksimalkan platform Facebook, Instagram , marketplace sangat minim. Sehingga bagaimana menciptakan “postingan” di social media yang menarik dan dapat mempengaruhi pembeli.
Untuk itu belajar dari skill digital marketing di Campus digital sangatlah membantu berikut ini linknya simak di situs https://campusdigital.id/login?ref=farisfanani