Temukan 5 Perbedaan SEO dan SEM!

Temukan 5 Perbedaan SEO dan SEM!

perbedaan-seo-dan-sem

SEO dan SEM merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia digital marketing. Keduanya memiliki persamaan yaitu dapat meningkatkan traffic website untuk mempromosikan produk. Namun, SEO hanya mengandalkan kata kunci agar dapat meningkatkan traffic website sedangkan SEM ini memiliki tugas untuk memaksimalkan tugas yang dikerjakan oleh SEO. Untuk perbedaan lainnya mari kita bahas seperti di bawah ini:

  1. Biaya

    Dari segi biaya, SEO dan SEM terbilang sangat berbeda karena biaya yang Anda keluarkan untuk SEO adalah gratis tanpa ada biaya apapun. Namun untuk SEM ini akan membutuhkan biaya, semakin besar biaya yang Anda keluarkan maka semakin besar peluang untuk mendapatkan pelanggan. Tapi pengiklan dapat mengatur biaya yang keluar sesuai budget masing-masing.

  2. Hasil pencarian

    Tampilan untuk hasil pencarian SEO dan SEM ini juga berbeda. Seperti contoh di bawah ini:

    contoh-sem
    Hasil Pencarian SEM
    contoh-seo
    Hasil Pencarian SEO

    Tampilan untuk SEM adalah dengan adanya kata “Ad” yang memiliki arti “Ads/Iklan”. Biasanya website yang menggunakan kata “Ad” selalu berada di peringkat teratas mesin pencari. Jika pengunjung menekan link tersebut biasanya akan ada biaya untuk mengaksesnya. Sedangkan untuk SEO tidak ada kata “Ad” dalam hasil pencariannya. Dan untuk cuplikan biasanya merupakan cuplikan pendek dari isi website tersebut. Sedangkan SEM menampilkan nomor telepon atau extension.

  3. Target Audience

    Melihat dari segi biaya yang berbeda pun, alhasil fasilitas yang Anda terima juga akan berbeda tentunya. Seperti target audience untuk SEO dan SEM pun berbeda. SEM dapat memilih target audiens berdasarkan umur, lokasi, dan sebagainya. Sedangkan untuk SEO tidak dapat memilih audiens.

  4. Hasil

    Dari segi hasil, SEM memiliki hasil yang lebih besar dalam waktu yang singkat. Karena SEM memiliki target audiens yang nantikan akan memiliki peluang untuk klik iklan tersebut. Sedangkan, SEO membutuhkan waktu yang lebih lama agar website dapat masuk di peringkat atas Google. Anda harus tau kata kunci yang cocok agar dapat meningkatkan peringkat. Untuk mengetahui hal-hal yang diperhatikan dalam mengoptimalkan SEO, Anda dapat juga membaca: Begini Cara Kerja SEO Untuk Optimasi Website Anda

  5. Testing / Percobaan

    Untuk melakukan percobaan, kami lebih menyarankan Anda untuk memakai SEM. Karena Anda dapat mematikan dan menghidupkan iklan, lalu memperbaiki judul iklan, atau mengubah hal lainnya dengan satu kali klik saja untuk melakukan percobaan. Karena SEO tidak bisa melakukan hal tersebut dan melihat waktu yang SEO butuhkan pun cukup lama agar Anda bisa mengetahui hasil dan perbedaannya.

Itulah perbedaan dari SEO dan SEM. Tidak ada yang bagus atau buruk, karena penggunaan SEO dan SEM pun akan menjadi bagus jika Anda gunakan dengan tepat sesuai kebutuhan Anda. Maka dari itu, jika Anda ingin mempelajari lebih banyak mengenai SEO, SEM, atau hal-hal mengenai digital marketing lainnya Anda bisa langsung registrasi dengan klik disini.

cek-plagiarism

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *