Sudah Amankah Informasi Penting Perusahaanmu?

Sudah Amankah Informasi Penting Perusahaanmu?
Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Sudah Amankah Informasi Penting Perusahaanmu? – Keamanan data dan informasi di dalam perusahaan adalah sesuatu yang sangat perlu untuk dijaga. Karena informasi tersebut bisa saja memuat banyak hal seperti data transaksi, kondisi perusahaan, hingga identitas pembeli.              

Karena terdapat hal – hal yang memang hanya boleh diketahui oleh perusahaan, maka informasi tersebut harus terjaga dengan baik. Dengan adanya ancaman pada teknologi informasi, dikhawatirkan informasi tersebut jatuh pada orang yang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga ada kemungkinan enyalahgunaan data dan informasi perusahaan.

Mengapa Menjaga Informasi Perusahaan Sangat Penting?

Banyak sekali kasus pencurian data yang diakibatkan oleh adanya kejahatan cyber. Hal ini bisa saja terjadi pada perusahaanmu jika kamu tidak berhati – hati dalam menjaga informasi. Sangat ditakutkan jika pada nantinya informasi yang ada akan disalahgunakan untuk keperluan yang tidak baik dan merugikan.

Tips Untuk Menjaga Kemananan Informasi Perusahaan

Ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga keamanan informasi di sektor usaha kamu.

1. Menyiapkan Data Cadangan

Ketika melakukan input atau entry data, ada baiknya jika kamu turut memperkirakan kemungkinna buruk yang akan terjadi. Seperti misalnya ketika tiba – tiba terjadi pemadaman listrik, sehingga menyebabkan data kamu tidak tersimpan. Atau bisa juga terjadi kerusakan pada komputer. Maka sebaiknya kamu secara berkali rajin menyimpan kembali data ke dalam penyimpanan online. Sehingga jika terjadi hal itu, kamu masih bisa membuka kembali laporan atau informasi lain yang kamu butuhkan.

2. Selalu Waspada Cyber Crime

Karena sangat sulit untuk menangkal kejahatan di internet, terutama dalam kasus ini adalah pishing, maka kamu harus selalu waspada. Jangan dengan mudah melakukan klik pada link yang tiba – tiba dikirimkan kepada nomor atau email peruasahaan. Bisa saja link itu akan membawa kamu ke website berisi virus.

3. Buat Access Control

Sebagai internal perusahaan, kamu harus mampu untuk memastikan bahwa sistem keamanan yang kamu gunakan untuk menyimpan informasi penting tersebut benar – benar aman. Gunakan password yang kuat, mudah diingat, namun sulit untuk diprediksi. Sebisa mungkin ganti password secara berkala juga.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Keuangan Masa Depan

Tidak semua orang di dalam perusahaan memiliki hak yang sama dalam mengetahui informasi penting di perusahaan. Perlu adanya pembatasan hak terutama hak akses. Dengan itu, pilih mereka yang benar – benar terpercaya untuk menjaga informasi tersebut.  Sekali lagi, Sudah Amankah Informasi Penting Perusahaanmu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *