Strategi Dasar Digital Marketing: Social Media Marketing

strategi dasar digital marketing

Seperti yang ada pada pengetahuan Digital Marketing secara umum, penggunaan media sosial sangat berperan pada kegiatan pemasaran digital. Social Media Marketing merupakan salah satu strategi dasar Digital Marketing yang ramai penggunaannya. Tetapi, tak semua orang dapat memasarkan produk mereka melalui media sosial dengan tepat. Sebagai strategi dasar Digital Marketing, inilah petunjuk agar kalian dapat menggunakan Social Media Marketing dengan tepat!

Baca juga Tren Digital Marketing Di Masa Pandemi

Pilihlah Platform yang Cocok untuk Brand-mu!

Ada banyak pilihan media sosial yang ada untuk memasarkan suatu produk agar bisa para konsumen lihat. Tentunya, semakin banyak suatu brand menggunakan media sosial, semakin terkenal pula brand tersebut karena jangkauan audiens yang kian meluas. Pemilihan platform media sosial tentunya juga harus bisa sesuai dengan produk yang ada di dalam brand. Contohnya, kalian bisa lebih banyak memposting konten yang berbentuk video di You Tube, konten bergambar di Instagram, dan interaksi konsumen di Twitter. Dan tak hanya itu, tentu saja brand yang melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial harus memperhatikan karakteristik platform tersebut. Kalian dapat melakukannya dengan mengenal fungsi media sosial tersebut. Misalnya LinkedIn dapat kalian pakai untuk komunikasi yang lebih profesional karena fungsinya sebagai media sosial pencari pekerjaan, dan komunikasi yang lebih kasual di media sosial lainnya.

Gunakan Tools yang Tepat Sebagai Penunjang!

Untuk membantu kalian dalam melakukan pemasaran melalui media sosial, kalian dapat menggunakan berbagai jenis alat untuk meringankan pekerjaan dan juga meningkatkan kualitas konten. Saat ini banyak tersedia alat-alat untuk mengoptimasi konten media sosial kalian dan juga melihat apakah konten yang terposting di media sosial sudah efektif. Untuk memantau performa media sosial dan konten yang ada di dalamnya, kalian bisa menggunakan Social Sprout dan Google Analytics agar kedepannya kalian bisa memproduksi konten yang lebih optimal lagi. Untuk manajemen media sosial yang lebih profesional, kalian bisa menggunakan alat seperti Social Pilot, Hootsuite, dan juga Sendible agar konten-konten kalian dapat menjadi lebih rapi dan terurus.

Tentukan Waktu yang Tepat untuk Mengunggah Postingan!

Setiap media sosial tentunya memiliki waktu yang berbeda-beda sebagai jam yang optimal untuk mengunggah sebuah postingan. Kenapa kalian harus memposting di waktu-waktu tertentu? Tentunya semua ini agar konten kalian memiliki banyak engagement dan interaksi dengan audiens. Sehingga, konten-konten yang kamu buat akan membuat audiens menjadi aware akan produk yang sebuah brand posting di media sosial. Secara otomatis, jumlah pembeli tentunya akan menjadi semakin meningkat dan meningkatkan keuntungan perusahaan kalian. Misalkan, untuk Instagram, kalian dapat mengunggah postingan pada Senin hingga Jumat antara pukul 9 pagi hingga 4 sore. Sedangkan untuk YouTube, waktu terbaik adalah pada hari Sabtu atau Minggu sekitar pukul 3-5 sore atau jam 9-10 malam.

Ini dia berbagai tips mengenai penggunaan media sosial untuk kegiatan pemasaran dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *