Situs Blog Untuk Menjadi Blogger yang Handal

Situs Blogging
Situs Blogging

Memasuki era digital seperti saat ini, ada banyak sarana dan tempat yang tersedia bagi orang-orang yang benar-benar senang menulis. Salah satunya adalah melalui situs blog gratis yang dapat Anda gunakan untuk menulis dan menampilkannya di internet.

Lihat daftar di bawah ini bagi Anda yang masih belum jelas tentang situs web mana yang dapat Anda gunakan untuk memposting artikel atau blog gratis Anda ke internet. Kami telah memilih situs blog terpopuler di Indonesia dari beberapa platform blogging yang dapat diakses.

Perbedaan Situs Blogging

Blog Publishing Services

Sebuah situs untuk menerbitkan konten melalui blog. Situs ini biasanya gratis. Hanya saja situs blog yang dipilih yang membutuhkan akun email Anda. Selain itu, Anda tidak perlu menyewa server. Namun, secara umum alamat blog Anda biasanya merupakan subdomain situs tersebut. Sebagai contoh, jika anda menggunakan situs Blogspot maka alamat blog Anda yaitu cerdasmerakyat.blogspot.com.

CMS (Content Management System)

Sebuah sistem manajemen berbasis server. Untuk menggunakannya, Anda harus mendaftarkan nama domain dan berlangganan web hosting. CMS bisa sedikit lebih mahal daripada platform sebelumnya.

Dengan menggunakan CMS, Anda dapat membuat blog berbasis situs sesuai keinginan Anda. Secara umum, CMS digunakan untuk blogger profesional, perusahaan, dan bisnis.

Baca juga mengenai : Tips Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Situs Blogging

WordPress

"<yoastmark

WordPress adalah perangkat lunak blogging paling populer di dunia dan mendukung lebih dari 40% situs web di internet.

WordPress.org menyediakan banyak fitur yang sama dengan versi WordPress.com, tetapi juga menyediakan fitur lain dan alat tambahan. Situs WordPress bekerja dengan baik untuk orang-orang yang ingin memiliki kontrol penuh dan penuh atas penyesuaian blog mereka, memantau lalu lintas melalui Google Analytics, dan untuk secara bebas memonetisasi situs web mereka.

Menggunakan situs WordPress memang tidak 100% mudah bagi pemula untuk menggunakannya secara efektif, tetapi ada banyak opsi gratis dan berbayar untuk mempelajari WordPress.

WordPress.org memungkinkan Anda menginstal plugin kustom Anda sendiri dan tema gratis untuk membuat blog Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Untuk menggunakan platform ini untuk blog Anda, Anda harus menemukan host web Anda sendiri, melakukan pencadangan rutin, dan memelihara blog Anda sendiri.

Blogger

Blogspot
Blogspot

Jika ada satu platform yang mudah digunakan oleh pemula, itu adalah Blogger. Platfrom ini merupakan platform blogging gratis yang mudah digunakan bagi siapa saja yang baru memulai dengan sebuah blog. Dengan platform ini pengguna cukup mengetik konten mereka, menambahkan foto dan mempublikasikan.

Blogger.com juga memungkinkan pengguna mengedit HTML dan menambahkan widget ke blog, yang tidak ditawarkan oleh banyak situs blog untuk pemula. Blogger adalah layanan Google, sehingga Anda harus memiliki akun Google jika ingin memulai blog di platfrom Blogger. Blogger juga merupakan salah satu platform blogging tempat banyak blogger tumbuh setelah mereka belajar lebih banyak tentang blogging karena tidak memiliki opsi peningkatan.

Tumblr

"<yoastmark

Tumblr adalah situs microblogging yang mirip dengan Twitter. Pengikut Anda bisa menyukai blog Anda, me-reblog, atau berbagi konten di saluran lain seperti Twitter dan Facebook. Setelah seseorang mengikuti blog Tumblr Anda, pembaruan konten akan diterima langsung dari dasbor.

Namun yang membedakan Tumblr adalah bahwa Tumblr memungkinkan tujuh jenis konten yang berbeda untuk dibuat. Tumblr cocok dengan teks, foto, gambar, konten audio dan video, seperti banyak layanan blogging yang disediakan situs blogging lainnya. Selain itu, Tumblr sekarang menyertakan visual yang cantik untuk memuat kutipan, tautan, dan obrolan atau pembicaraan.

Wattpad

Wattpad
Wattpad

Platform ini menjadi media khusus untuk cerita fiksi, dimana masing-masing pemilik akun bisa saling berkomentar, mengasah kemampuan menulis, bahkan berkompetisi dalam kontes Wattpad.

Wattpad memberikan kesempatan kepada penulis baru agar karyanya ditemukan oleh penerbit, perusahaan produksi film, atau dibuat menjadi cerita untuk televisi atau serial web.

Namun, seperti halnya di media sosial, penulis di Wattpad harus memiliki strategi agar karyanya dapat dilihat oleh banyak orang. Penulis Wattpad harus sering menerbitkan karya baru, menggunakan tagar (hashtag) yang sesuai tren, terlibat dalam komunitas penulis, dan mempromosikan karyanya di platform media sosial lainnya.

Medium

"<yoastmark

Medium adalah tempat untuk berbagi pemikiran dan tulisan Anda dengan khalayak luas. Tidak seperti beberapa platform blogging lainnya, Medium memiliki audiens bawaan, yang membuatnya sering diperdebatkan apakah itu penerbit atau platform.

Medium adalah platform blogging yang mirip dengan WordPress. Secara umum platform Medium didedikasikan untuk penulis, jurnalis, dan spesialis. Mereka bisa mengekspresikan diri dalam bentuk opini dan esai di sini.

Platform ini bagus karena pemula dapat dengan mudah menggunakannya dan tidak memerlukan pengetahuan tentang coding. Selain itu, platfrom ini juga digunakan oleh sebuah brand untuk untuk memposting konten mereka untuk mendapatkan bacaan lebih lanjut dan pembaca baru dari konten mereka. Situs blog gratis yang sangat direkomendasikan untuk pemilik usaha kecil dan freelance professionals.

Setelah mengetahui beberapa platfrom blogging dan memilih salah satunya untuk menjadi wadah Anda memulai blog, Kami harap Anda terus bersemangat dalam memulai konten !!! Semangat…

Memulai Blog
Memulai Blog

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *