Sertifikasi Halal dan UMKM

Sertifikasi Halal dan UMKM

Tak dipungkiri, bagi pelaku UMKM, dulu untuk memperoleh sertifikasi halal perlu perjuangan dengan pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya. Namun, lahirnya UU Cipta Kerja telah menjadi harapan baru bagi pelaku UMKM. Kemudahan sertifikasi halal membawa peluang baru. Untuk memperluas cakupan pemasaran, suatu produk makanan dan minuman perlu membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan keamanan produk untuk dikonsumsi. Dalam konteks Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, maka Sertifikasi Halal sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen tersebut. Untuk itulah Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM RI menyediakan program fasilitasi bagi pelaku UKM produsen produk pangan terpilih. Dalam artikel ini membahas terkait sertifikasi halal dan UMKM.

Sertifikasi Halal dan UMKM

Menteri Koordinator Perekonomian, berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam memperoleh sertifikat halal. Hal ini menyusul atas permintaan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menginginkan agar UMKM di Kawasan Industri Halal (KIH) bisa tersertifikasi semuanya. Menteri Koordinator Perekonomian, mengatakan setidaknya ada persyaratan khusus bagi mereka yang ingin mendapatkan sertifikasi halal. Paling tidak mereka mampu memberikan pernyataan halal (self declare) karena menggunakan bahan produk yang dipastikan halal. Selain itu Menko, juga akan┬ámendorong proses sertifikasi halal maksimal selesai dalam 21 hari.

Sebelumnya, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin meminta, kepada pemerintah agar mempercepat proses sertifikasi halal bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di lokasi Kawasan Industri Halal (KIH). Seperti, saat ini baru ada tiga wilayah sebagai KIH yakni Sidoarjo Safe N Lock, Modern Cikande Industrial Estate, dan Bintan Inti Industrial Estate. Namun, operasional kawasan tersebut belum bisa terlaksana. Salah satu penyebabnya adalah lamanya proses sertifikasi halal dan biaya yang dianggap masih mahal oleh pelaku UMKM. Melihat penyebab lamanya proses sertifikasi halal umkm, pemerintah memfasilitasi terisinya produk-produk halal UMKM pada kawasan tersebut, sehingga proses sertifikasi halal terlaksana secara cepat dan murah.

Bagi kamu yang ingin mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat profesi, bisa bergabung di Campus Digital. Campus digital memberikan panduan memulai bisnis bagi pemula maupun profesional dan menyediakan sertifikasi profesi yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan. Yuk, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *