SEO vs SEM. Ketahui perbedaannya!

Perbedaan SEO dan SEM

SEO vs SEM? Istilah SEO dan SEM merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam digital marketing. SEO dan SEM sama-sama digunakan untuk menaikkan suatu traffic website Anda. Agar lebih memahami perbedaannya, mari simak artikel berikut ini.

SEO

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan SEO, merupakan suatu strategi atau teknik untuk dapat menempatkan halaman website Anda pada posisi peringkat utama mesin pencarian dan dapat potensial sesuai dengan bidding keyword yang telah ditentukan.

Dalam menggunakan SEO dibutuhkan keahlian, ketekunan dan kecermatan. Tujuan dari adanya SEO yaitu untuk meningkatkan traffic organik suatu website. Atau dengan menggunakan keyword yang baik dapat membuat peningkatan pengunjung pada halaman website. Dengan menggunakan SEO butuh minimal 3 bulan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat SEO

  • Mendatangkan traffic organik positif. Dengan menggunakan SEO akan dapat membuat website teroptimasi dengan baik. Dan dapat meningkatkan pengunjung website Anda.
  • Dapat meningkatkan brand awareness website. Brand awareness adalah suatu kemampuan dari calon pengunjung atau konsumen agar dapat mengenali juga dapat mengingat merek produk yang Anda tawarkan.
SEM

Search Engine Marketing lebih dikenal dengan SEM.  SEO, dan SEM memiliki kesamaan yaitu bertujuan untuk dapat menempatkan website pada mesin pencarian. Serta agar dapat tampil pada halaman utama

Search Engine Result Page (SARP). SEM merupakan strategi pemasaran marketing online untuk meningkatkan penjualan. Strategi dalam SEM menggunakan penelusuran berbayar. Sedangkan SEO strategi untuk meningkatkan traffic pengunjung tidak berbayar.

Hasil penelusuran dengan menggunakan SEM lebih cepat terlihat pada mesin pencarian. Pelaku bisnis banyak berlomba-lomba agar produk mereka dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Manfaat SEM antara lain : Dapat meningkatkan brand awareness, Menarik perhatian calon konsumen, dan Dapat meningkatkan konversi.

Demikian pembhasan artikel mengenai perbedaan SEO vs SEM. Penggunaan keduanya sangat berkaitan antara satu dengan yang lain tergantung kebutuhan Anda. Agar lebih memahami penggunaan Digital marketing Anda dapat bergabung bersama kami di Campus Digital.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *