Ragam Laporan Keuangan: Financial Statement, Financial Report, dan Annual Report

Dalam memulai suatu bisnis, pelaku usaha wajib menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan menggambarkan kondisi keuangan suatu usaha dalam periode tertentu. Ada tiga ragam laporan keuangan yang harus Anda ketahui.

Dalam buku Praktis Menyusun Laporan Keuangan (2015), Hery mendefinisikan laporan keuangan sebagai

hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengomunikasikan data keuangan atau aktivitas perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Kesimpulannya, laporan keuangan adalah produk akhir pencatatan dan ikhtisar transaksi bisnis.

Dalam dunia keuangan, ada tiga istilah yang berkaitan dengan laporan keuangan: financial statement, financial report, dan annual report.

Baca Juga: The Diderot Effect: Alasan Kita Menginginkan Barang Yang Tidak Kita Butuhkan

Secara literal, istilah financial statement dan financial report berarti laporan keuangan. Manakala bergelut di dunia akuntansi dan keuangan perusahaan, ada perbedaan dalam penggunaan kedua istilah tersebut.

Untuk mengambil keputusan dan kebijakan yang penting, Anda harus memahami perbedaan antara financial statement dan financial report.

Penggunaan financial statement dan financial report tergantung pada momen tertentu dan kebutuhan perusahaan.

Financial Statement

Financial statement adalah laporan keuangan untuk konsumsi publik yang berkepentingan dengan perusahaan. Contoh: vendor, investor, supplier, karyawan, dan siapapun yang berkepentingan dengan perusahaan. Susunan financial statement bersifat rapi, terkini, dan sederhana.

Ada lima jenis financial statement: laporan posisi keuangan, laporan laba dan rugi, laporan arus kas, laporan perubahan nilai ekuitas, dan catatan laporan keuangan.

Financial Report

Financial report adalah laporan keuangan untuk konsumsi pribadi atau kalangan internal perusahaan. Laporan ini berisi ikhtisar saham, hasil kinerja keuangan, dan laporan keuangan konsolidasi.

Mengingat financial report adalah rahasia dapur perusahaan, financial report berisi catatan khusus di setiap transaksi penting. Isinya juga lebih detail dan lengkap daripada financial statement. Financial report inilah yang menjadi acuan pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan penting dan langkah strategis.

Annual Report

Laporan tahunan adalah laporan keuangan selama setahun yang berisi tentang perkembangan dan pencapaian perusahaan. Selain sebagai informasi tahunan perusahaan, annual report berfungsi sebagai media pemasaran yang kreatif dengan desain visual, grafik, dan foto. Boleh juga menyertakan komentar manajer utama atau pemangku kepentingan terkait visi dan misi perusahaan.

Sama halnya dengan financial report, annual report berisi neraca laba rugi perusahaan, deskripsi pekerjaan, dan fungsi masing-masing bidang kerja pada perusahaan tersebut.

Baca Juga: Cryptocurrency: Pengertian, Keuntungan, dan Kerugian

Ketiga ragam laporan keuangan tersebut merupakah hasil akuntansi perusahaan. Apapun namanya, persamaan dari ketiga laporan di atas adalah penyajian laporan keuangan harus akurat, tepat, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *