Perbedaan SEO dan SEM Beserta Manfaatnya dalam Bisnis

Perbedaan SEO dan SEM Beserta Manfaatnya dalam Bisnis
Perbedaan SEO dan SEM Beserta Manfaatnya dalam Bisnis

Perbedaan SEO dan SEM Beserta Manfaatnya dalam Bisnis – Dalam berbisnis di era digital marketing, perusahaan atau pebisnis berlomba-lomba membuat website agar bisnis mereka terlihat semakin profesional. Namun, sebuah website perlu melakukan optimasi agar dapat muncul di posisi atas dalam hasil pencarian. Dua teknik ini menjadi cara untuk melakukan optimasi pada sebuah website. Pada dua artikel sebelumnya, Campus Digital sudah memperkenalkan apa itu SEO dan SEM. Di kesempatan kali ini kita akan membahas apa sih perbedaan SEO dan SEM? Bagaimana manfaatnya untuk bisnismu? Yuk, simak artikelnya!

Apa Perbedaan SEO dan SEM?

Keduanya merupakan dua teknik yang bisa kita gunakan untuk mengoptimasi sebuah website. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Berikut perbedaan keduanya yang wajib kamu ketahui.

1.      Ikon dengan Tulisan “Iklan” pada Hasil Penelusuran

Pada hasil penelusuran, optimasi website yang menggunakan SEM akan memiliki ikon dengan tulisan “Iklan” di pojok kiri. Berbeda dengan optimasi website dengan SEO yang tidak memiliki ikon bertulisan “Iklan” di pojok kirinya.

2.      Biaya Pemakaian

SEM merupakan optimasi website dengan cara iklan yang berbayar yaitu PPC. Iklan berbayar seperti Pay Per Click mengharuskan kamu untuk memiliki budget agar iklan dapat terus tampil. Sedangkan SEO, tidak memerlukan budget atau biaya dalam penerapannya.

Baca juga Strategi Marketing PPC (Pay Per Click) dalam Bisnis

3.      Target Audiens yang Ditentukan

SEO dan SEM dapat membantu perusahaan serta website memahami target audiens. Namun, kamu bisa menentukan target audiens menggunakan SEM sesuai dengan umur, gender, lokasi dan lainnya.

4.      Hasil yang Didapatkan Saat Penggunaan SEO dan SEM

Hasil yang kamu dapatkan saat menggunakan SEO membutuhkan jangka waktu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan penggunaan SEM. Walaupun lebih cepat dari SEO, hasil yang kamu dapatkan dengan SEM tidaklah instan karena ada persaingan dengan advertiser lainnya. Jadi, SEO dapat menjadi pilihan optimasi website untuk jangka panjang dan bertahan lama. Berbeda dengan SEM yang cocok untuk optimasi website dalam jangka waktu yang lebih singkat dan tentunya berbayar.

5.      Testing Kesesuaian Strategi Marketing

Dengan SEM, kamu dapat melakukan testing apakah strategi marketing kamu sudah target audiensmu terima dengan baik karena dapat mengaktifkan dan mematikan iklan yang ada dalam SEM. Kamu juga bisa mengubah target audiens, mengganti judul iklan juga merubah konten yang ada pada landing page dalam rangka testing. Sedangkan dengan SEO, kamu tidak dapat melakukan hal-hal tersebut karena membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk melihat hasil serta perbedaannya.

6.      Potensi CTR yang Didapatkan

Dilansir oleh Advanced Web Ranking, tiga hasil pencarian yang menempati posisi teratas adalah yang mendapatkan CTR paling banyak. Jika hasil pencarian menunjukkan kamu ada di posisi atas, maka SEO sudah berhasil mengalahkan SEM. Namun, apabila posisi kamu ada di bawah tiga posisi teratas, maka lebih banyak CTR yang bisa kamu dapatkan dengan SEM.

Manfaat Keduanya untuk Bisnis Kamu

SEO dan SEM tentunya memiliki manfaat yang dapat menguntungkan bisnis kamu. Website kamu dapat muncul pada hasil pencarian di posisi atas dengan menggunakan keduanya. Website yang menempati posisi atas akan lebih mudah meningkatkan trafficnya melalui CTR. Namun, sebelum menggunakan SEO dan SEM ada yang harus kamu perhatikan seperti mengenali target audiens dan melakukan riset keyword yang populer tentang topik konten agar semakin optimal.

Setelah membaca artikel di atas, teknik optimasi website mana yang ingin kamu pakai untuk bisnismu? Buat kamu yang berminat mempelajari strategi digital marketing lainnya boleh banget daftar jadi member Campus Digital. Yuk, klik di sini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *