Penerapan Strategi Digital Marketing: Rahasia di Baliknya

penerapan strategi digital marketing

Tentunya, di era yang serba digital ini semua perusahaan harus bisa untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan melalui media digital. Penerapan strategi Digital Marketing mereka pun harus dapat menjangkau para audiens dengan maksimal. Dengan luasnya jangkauan audiens, tentunya para perusahaan akan mendapat keuntungan yang maksimal melalui kegiatan pemasaran tersebut. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang melakukan penerapan strategi Digital Marketing dengan sukses. Mari kita bedah rahasia di balik dapur mereka!

Baca juga 3 Aplikasi Riset Kata Kunci Marketplace

Mengikuti Tren

Tren yang beredar di kalangan masyarakat umum seringkali menjadi insipirasi kegiatan pemasaran produk. Dengan mengikuti tren yang ada, kalian akan dapat memenangkan hati masyarakat dengan mudah. Selain itu, kalian juga akan dapat menambah engagement dari platform pemasaran digital milik perusahaan. Hasilnya, brand kalian pun juga kemungkinan besar akan menjadi sebuah tren baru menyusul tren yang ada di masyarakat. Contohnya adalah ketika McDonalds memasarkan BTS Meal yang merupakan kolaborasi mereka bersama band Korea Selatan populer tersebut. Dengan trendingnya BTS Meal, perusahaan lainnya juga menerapkan pemasaran dengan tagline copywriting yang menampilkan akronim BTS.

Interaksi dengan Konsumen

Mengikuti tren saja tidak akan cukup untuk kesuksesan Digital Marketing. Perusahaan harus membangun hubungan yang baik dengan pelanggan mereka. Selain dengan cara mengembangkan produk agar dapat memuaskan konsumen semaksimal mungkin, kalian harus berinteraksi dengan konsumen secara langsung. Interaksi langsung akan menumbuhkan hubungan yang emosional dengan konsumen seakan-akan kedua belah pihak sangat akrab. Di dalam postingan, para digital marketer harus memaksimalkan penggunaan call-to-action agar memicu audiens untuk berinteraksi dengan konten. Setelah itu, manajer media sosial juga harus rajin membalas komentar-komentar para audiens. Contohnya adalah ketika manajer media sosial Shopee merespon audiens mereka di Twitter. Shopee menjawab komentar audiens dengan kalimat-kalimat yang humoris dan tak jarang mengundang gelak tawa dari para audiens.

Trademark yang Ikonik

Tak lupa, perusahaan-perusahaan harus tetap menjaga citra mereka sebaik mungkin melalui representasi mereka di ranah digital. Para perusahaan tak hanya wajib untuk menjaga citra mereka di mata publik agar tetap baik. Tetapi, mereka juga harus menciptakan karakteristik yang unik bagi perusahaan itu sendiri. Karakteristik yang unik bisa berupa cara berkomunikasi, desain konten, dan juga event-event yang mereka adakan di ranah digital. Dengan adanya keunikan ini, perusahaan dapat membuat trademark bagi mereka. Fungsinya adalah untuk menjaga agar ide-ide pemasaran di perusahaan tersebut tetap unik dan orisinil. Keunikan dan orisinalitas dari suatu brand image akan menonjolkan citra mereka di tengah masyarakat, sehingga akan lebih mudah mereka kenali.

Ini dia rahasia di balik kesuksesan strategi pemasaran digital sebuah perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *