Pelecehan Seksual Dokter Kevin di TikTok

dr Kevin
Dr Kevin, kontennya yang viral dan diduga melecehkan wanita

Sudah tidak asing lagi konten skandal yang ada di TikTok. Salah satu konten skandal yang pernah terjadi di TikTok adalah konten mesum Dokter Kevin. Diduga, konten tersebut mengandung pelecehan bagi wanita. Siapa dokter Kevin itu?

Siapa dr Kevin?

Dokter Kevin yang memiliki nama lengkap Kevin Samuel Marpaung merupakan mahasiswa kedokteran Universitas Maranatha, Bandung yang sempat viral pada April 2021 karena konten TikTok miliknya @drkepinsamuelmpg selama 15 detik mengandung unsur pelecehan seksual. Dalam videonya, ia menggunakan jas putih (laboratorium) dan sarung tangan layaknya seorang dokter. Padahal, ia belum menyandang sebagai dokter tetap dan masih menjalani magang di rumah sakit.

Isi Konten Kontroversial

Pasalnya, konten yang ramai itu banyak yang menganggap melecehkan seksual perempuan, dan setelah viral konten tersebut sudah terhapus. Dalam video kontennya, dr Kevin memperagakan seolah ia sedang berbicara dengan perawat dan memperagakan vaginal touche pada wanita yang sedang hamil yang mana baru pembukaan tiga. Dr Kevin menambahkan ekspresi wajah dengan memicingkan mata serta berjoget dengan memberikan keterangan Awkward Moment. Ekspresi itu lah yang menjadi penyebab netizen TikTok marah besar dan mereka menilai sebagai muka mesum pada 21 April 2021. Ia menambahkan bahwa tindakannya bertolak belakang dengan yang telah ia sumpahkan sebagai seorang dokter. Intinya, dalam praktik sehari-hari ia akan mengikuti peraturan seperti dokter pada umumnya dan bekerja dengan profesional.

Sanksi dari IDI

Dengan kasus tersebut, IDI mengecam tindakan tercela dr Kevin secara tegas. Tindakan dr Kevin tersebut menurut IDI termasuk pelanggaran golongan 1 dan 2 yaitu pembekuan terukur selama 6 bulan. Selain itu, IDI memberikan pesan untuk dr Kevin berharap tindakan dari dr Kevin itu tidak menciptakan trauma di masyarakat Indonesia terutama para wanita. Pasalnya, semua dokter tidak boleh melakukan asusila pada sumpahnya sebagai dokter.

Sehingga, dengan adanya kontroversial tersebut, menjadi pembelajaran bagi kita semuanya untuk terus berhati-hati dalam membuat konten dan harus memikirkan dampak untuk kedepannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa netizen TikTok itu sangat keras sehingga kalau ada suatu permasalahan maka dengan cepat netizen akan langsung menggubrisnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *