Peran Staff Konsultan Manajemen
Sebagai seorang staff konsultan manajemen, sudah menjadi kewajiban untuk membantu organisasi memecahkan masalah, menciptakan nilai, memaksimalkan pertumbuhan, dan meningkatkan kinerja bisnis. Staff perlu memiliki keterampilan bisnis agar dapat memberikan saran dan objektif dan membantu organisasi untuk mengembangkan aspek yang dinilai kurang memuaskan.
Pekerjaan konsultasi memiliki jam kerja yang cuku panjang. Ketika ada pekerjaan ekstra seperti proyek besar dan mengejar tenggat waktu, mereka masih harus bekerja setelah jam 5 sore. Namun, durasi lembur ini tergantung pada perusahaan dan jenis proyek.
Karena pekerjaan ekstra ini, perusahaan semakin memperhatikan keseimbangan kerja/kehidupan pegawainya dengan menawarkan keuntungan seperti pekerjaan yang fleksibel, kerja paruh waktu, bekerja dari rumah, dan cuti hamil atau melahirkan lebih lama.
Baca Juga Konsultan Manajemen: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Profesi Ini – Campus Digital
Skill wajib staff konsultan manajemen
Rekruter sangat menghargai pengalaman dan keterampilan, sehingga calon staff konsultan perlu memastikan bahwa mereka sudah memiliki pengalaman kerja yang relevan sebelum memasuki profesi tersebut. Selain pekerjaan paruh waktu atau volunteer, pengalaman yang ini dapat mencakup kegiatan ekstrakurikuler seperti anggota klub, olahraga tim, atau terlibat kegiatan masyarakat yang mendorong keterampilan membangun tim, pengetahuan bisnis atau keuangan, dan keterampilan organisasi. Adapun keterampilan atau skill yang harus dimiliki seorang staff konsultan manajemen adalah :
- Kemampuan untuk bekerja sebagai bagian dari tim
- Keterampilan interpersonal dan komunikasi, baik lisan maupun tulisan
- Kreativitas dan inovasi
- Kemampuan pemecahan masalah dan perencanaan strategis
- Kemampuan analisis
- Fleksibilitas
- Kemampuan untuk mengatasi tekanan dan tantangan
- Kesadaran komersial dan pemahaman lingkungan bisnis.
Dengan memenuhi standar skill tersebut, kamu bisa saja mendapat berbagai benefit yang menarik. Di Indonesia gaji seorang staff konsultan manajemen berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000. Gaji ini cukup besar mengingat UMR di setiap daerah belum ada yang melebihi angka 5 juta rupiah. Dengan gaji tersebut, maka seorang staff konsultan manajemen setidaknya mampu bertanggung jawab dan siap bekerja di bawah tekanan. Mungkin ada beberapa tekanan karena akan ada target yang sulit dan tenggat waktu yang ketat untuk dipenuhi.
Konsultan manajemen harus mampu mengatasi setiap permasalahan para kliennya. Tugas terberat mereka ialah Ketika masalah yang datang berkaitan dengan hukum dan perlu segera dicari jalan keluarnya. Namun ini sudah menjadi tanggung jawab seorang staff , sehingga mereka harus siap dengan segala tanggung jawab yang telah mereka emban. Dengan mematuhi setiap peraturan yang ada di perusahaannya, maka diharapkan staff mampu menjalankan tugas dengan skill yang memadai dan gaji yang layak.