Mengenal E-mail Marketing Beserta Manfaatnya

Nama : Syifa Dhia Arina

Artikel ke : 30

Mengenal E-mail Marketing Beserta Manfaatnya
Mengenal E-mail Marketing Beserta Manfaatnya

Mengenal e-mail marketing beserta manfaatnya menjadi kewajiban seorang digital marketer. Hal ini karena e-mail marketing masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang baik dalam hal menghubungkan suatu perusahaan dengan konsumen mereka. Apa itu e-mail marketing? Apa saja manfaat untuk perusahaan atau bisnis kamu? Yuk, simak artikel ini agar kamu lebih kenal dengan strategi pemasaran e-mail marketing!

Apa Itu E-mail Marketing?

E-mail menjadi sarana pemasaran digital pertama kali pada tahun 1978 dan menghasilkan pendapatan sebanyak 13 juta dolar secara keseluruhannya. Sejak keberhasilan ini, e-mail marketing menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang menjanjikan dalam bisnis.

E-mail marketing berbeda dari e-mail pada umumnya, baik yang berisi pesan dari teman lama maupun spam. Posisi e-mail marketing ada di antara kedua jenis e-mail tersebut. Dengan e-mail marketing kamu dapat membangun relasi serta mengiformasikan berbagai hal yang berkaitan dengan produk perusahaan kepada target konsumen.

Manfaat E-mail Marketing dalam Bisnis

Ada beberapa manfaat e-mail marketing yang bisa kamu dapatkan dalam bisnis, yaitu:

1.      Sifatnya Personal

Sifat e-mail marketing yang personal dapat membuat calon konsumen merasa suatu perusahaan memperhatikan mereka sehingga dapat tercipta rasa nyaman. Apabila calon konsumen sudah merasa nyaman, maka perusahaan pun akan lebih mudah menawarkan dan menginformasikan berbagai hal yang berkaitan dengan produk mereka kepada konsumennya.

2.      Cepat dan Praktis dalam Menyebarkan Informasi

E-mail marketing membantu perusahaan dalam menjangkau konsumen mereka untuk mempromosikan berbagai penawaran yang ada. Mereka dapat menawarkan produknya di mana saja dan kapan saja dengan cepat dan praktis kepada konsumennya.

3.      Biaya yang Hemat

Melakukan promosi dengan e-mail marketing lebih mudah juga hemat dari pada menggunakan media lainnya seperti media cetak. Pelanggan pun lebih responsif terhadap berbagai penawaran yang diinformasikan melalui e-mail marketing karena promosi yang ada terkesan lebih personal.

4.      Terukurnya Kampanye yang Dibuat

Perusahaan dapat memonitor dan mengevaluasi kampanye yang mereka sebarkan melalui e-mail marketing dengan mudah. Mereka dapat melakukan hal ini dengan melihat respon dari beberapa konsumen yang mendapatkan e-mail marketing yang berkaitan dengan kampanye mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat memperbaiki kekurangan produk, jasa, atau kampanye mereka agar lebih baik lagi kedepannya.

Baca juga Pentingnya Copywriting dalam Bisnis Online

5.      Kerjasama Perusahaan dengan Pelanggan

Tidak hanya berfungsi untuk menginformasikan penawaran saja, e-mail marketing juga dapat membantu perusahaan bekerjasama dengan pelanggannya untuk perkembangan bisnis yang lebih baik. Perusahaan dapat berkembang dengan berbagai kritik dan saran yang berhasil mereka dapatkan dari komunikasi melalui e-mail marketing bersama konsumennya.

6.      Customizeable

Perusahaan akan mendapatkan segmen penerima e-mail marketing serta pengguna tag substitusi untuk dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang tepat. Dengan customizeable, hubungan yang lebih personal pun tercipta antara perusahaan dengan konsumennya karena konsumen merasa dilibatkan.

7.      Dapat Dibagikan dengan Mudah

Konsumen dapat menyebarkan penawaran perusahaan kamu kepada kerabat mereka dengan mudah, mereka bertindak sebagai pendukung perusahaanmu. Potensi konsumen baru yang datang pun akan semakin tinggi.

Apa kamu tertarik menggunakan strategi digital marketing yang satu ini? Tapi masih bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir, Campus Digital akan membimbing kamu dalam melakukan pemasaran digital salah satunya dengan e-mail marketing dengan kursus online bersama digital marketer handal. Yuk, ikuti kursusnya dengan liat informasi selengkapnya di sini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *