Mengapa Diperlukan Riset Kata Kunci?

 

Melakukan riset artinya kita mencaritau dan menganalisa suatu hal atau menganalisis. Dalam hal ini kita akan membahas mengenai riset kata kunci yang tepat. Mengapa diperlukan riset kata kunci? Beberapa pakar SEO menekankan bagaimana pentingnya riset kata kunci untuk keberhasilan optimalisasi SEO. Sehinggs riset kata kunci menjadi hal yang sangat penting sekali dan perlu untuk dilakukan.

Berikut ini ada 2 manfaat jika kita menemukan kata kunci yang sesuai dan tepat.

  1. Kamu bisa merencanakan, membuat, dan menjalankan blog atau website secara tepat, efektif dan terarah.
  2. Kamu bisa menulis konten yang betul-betul efektif untuk menaikkan jumlah pengunjung ke blog atau website kamu.

 Jenis-Jenis Keyword

Setelah kita memahami manfaat kata kunci,mari kita pahami jenis-jenis kata kunci , karena dalam dunia SEO, kata kunci mempunyai beberapa jenis, seperti berikut.

a. Short tail keyword
Kata kunci ini hanya terdiri dari satu atau dua kata saja.

Contohnya:

  • Tas
  • Sepatu
  • Tas Murah
  • Sepatu Murah
  • dll

Perlu kamu ketahui bahwa jenis kata kunci ini mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi, sehingga akan sangat sulit bersaing jika menggunakan kata kunci seperti ini.

Baca Juga Meneliti Kata Kunci yang Tepat

b. Long tail keyword
Kata kunci jenis ini adalah kata kunci versi panjang.

Contoh:

      • Jual tas import murah
      • Tas kulit kualitas super
      • dll

Jenis kata kunci ini lebih direkomendasikan untuk blogger pemula sebab tingkat persaingannya cenderung lebih rendah dari pada kata kunci jenis Short Tail Keyword . Hal ini akan memudahkan blog kamu memperoleh posisi terbaik pada mesin pencari. Namun jenis kata kunci ini mempunyai kekurangan yakni trafik yang akan kamu peroleh tidak sebanyak short tail keyword dan tergolong cukup sulit menemukan Long tail keyword yang betul-betul tepat dan bagus.

c. Keyword abadi
Kata kunci ini tidak akan kadaluarsa karena akan terus orang cari di mesin pencari. Contohnya: “Cara Menyembuhkan Flu”.

Kata kunci tersebut akan terus orang cari karena setiap orang pasti pernah terkena flu.

d. keyword musiman
Kata kunci ini hanya akan populer dalam beberapa saat saja. Contohnya: “Hasil Pertandingan Persija vs Persibas 2015/2016”. Tentu kata kunci ini jenis ini lama-lama akan ditelan oleh waktu dan tidak orang gunakan lagi.

Pemilihan dan penggunaan kata kunci yang tepat akan membantu kontenmu meraih posisi di halaman pertama Google. Hal ini ibarat kamu menempatkan konten di lokasi strategis yang banyak orang temui sehingga akan menghasilkan keuntungan. Jadi itulah mengapa diperlukan riset kata kunci untuk kamu gunakan dalam kontemu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *