Media Sosial vs Website dalam Dunia Digital Marketing

Nama : Syifa Dhia Arina

Artikel ke : 57

Media Sosial vs Website dalam Dunia Digital Marketing
Media Sosial vs Website dalam Dunia Digital Marketing

Era digital marketing membuat adanya persaingan antar berbagai platform digital seperti media sosial vs website sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan produk atau jasa. Sebenarnya platform manakah yang paling penting serta efektif dalam mempromosikan bisnis? Media sosial atau website? Yuk, baca artikel ini dan temukan jawabannya!

Menggunakan Media Sosial untuk Awal Bisnis

Awalnya media sosial hadir sebagai media untuk melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang lain secara online. Namun, pebisnis melihat potensi sosial media untuk menjadi platform untuk mempromosikan produk atau jasanya. Ada beberapa hal yang membuat pebisnis tertarik menjadikan media sosial sebagai platform promosi mereka, yaitu:

  1. Gratis, pebisnis hanya perlu membuat akun dan langsung bisa melakukan promosi.
  2. Mudah menggunakannya, konten yang memuat promosi dapat diposting hanya dengan mengingat dan mengklik tombol untuk posting.
  3. Pengelolaan yang gampang, pembaruan sistem bisa pebisnis dapatkan dengan cara update aplikasi tanpa biaya maintenance.
  4. Mendapatkan feedback langsung dari konsumen, pebisnis dapat langsung berinteraksi dengan konsumen karena adanya fitur comment dan direct message.
  5. Menjangkau pasar yang luas, pebisnis dapat menjangkau pasar luas dengan menggunakan hashtag yang relevan dengan produk atau jasa.

Dari banyaknya kelebihan yang pebisnis dapat dari promosi di media sosial, ada juga beberapa kekurangannya, seperti:

  1. Terbatasnya desain platform, tampilan akun tidak dapat kamu ubah sehingga pebisnis harus membuat desain konten yang mencerminkan karakter bisnisnya.
  2. Platform tidak flexible, hanya mampu menjaring konsumen dengan konten yang berhasil terunggah dan tidak bisa membangun e-mail list.
  3. Keterbatasan kontrol, pebisnis tidak dapat mengontrol komentar apa saja yang boleh muncul pada konten yang sudah terunggah.

Bisnis Juga Butuh Website

Selain media sosial, sebuah bisnis juga memerlukan website. Website terkenal sebagai platform pemasaran digital yang dapat dikustomisasi sesuai dengan image serta produk atau jasa perusahaan. Dengan website, bisnis kamu akan terkesan lebih profesional. Berikut beberapa kelebihan yang kamu dapatkan jika bisnismu menggunakan website:

  1. Membantu aktivitas branding, pebisnis dapat memperkenalkan nilai-nilai bisnisnya melalui halaman “tentang kami” atau artikel yang ada dalam website sambil membangun citra perusahaan yang positif.
  2. Mendukung aktivitas pemasaran, promosi dapat kamu lakukan di halaman mana saja.
  3. Desain flexible, desain website bisa menyesuaikan dengan image produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.
  4. Fungsi platform lebih luas, website dapat kamu gunakan untuk membuat artikel, memperlihatkan katalog, menginformasikan penawaran dan lainnya kepada target audiens atau konsumen.
  5. Muncul di search engine, website yang sudah kamu buat pasti berpotensi muncul di mesin pencarian seperti Google.

Banyaknya kelebihan yang website tawarkan sebagai media promosi, tidak menutup kemungkinan bahwa website tidak memiliki kekurangan. Berikut kekurangan website sebagai salah satu media promosi dalam digital marketing:

  1. Berbayar, pebisnis membutuhkan domain serta hosting yang berbayar untuk membuat website.
  2. Semua dikerjakan sendiri, pebisnis mengelola isi, menentukan desain, keamanan website, kecepatan website hingga update plugin juga tema.
  3. Perlu belajar memakainya, memerlukan waktu untuk mempelajarinya karena tidak semudah menggunakan media sosial yang lebih praktis.

Baca juga Pentingnya Personalisasi Pemasaran

Manakah yang Paling Penting dan Efektif?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah keduanya. Dengan menggunakan media sosial dan website secara bersamaan, maka kegiatan digital marketing bisnis kamu akan semakin efektif. Nah, buat kamu yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang website dan media sosial sebagai media pemasaran digital, daftar kursus digital marketing online di sini yuk!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *