Marketing Communication sebagai Strategi Keberhasilan Perusahaan

Foto stok gratis bekerja, berfungsi, berusaha

Dalam sebuah perusahaan baik yang meyediakan barang maupun jasa, sangat penting untuk menerapkan pemasaran yang efektif, yang biasa dinamakan dengan Marketing Communication atau komunikasi pemasaran. Komunikasi Pemasaran merupakan strategi atau cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mencapai target pasar, yang dimana hal ini dimaksudkan untuk membuat pelanggan lebih loyal kepada perusahaan. Komunikasi pemasaran juga berperan untuk meningkatkan brand awareness terhadap perusahaan, dan bagaimana citra sebuah perusahaan dapat terlihat baik di mata konsumen maupun masyarakat luas, karena sebuah perusahaan memiliki target agar diingat sebaik citra yang baik di mata masyarakat. Memang orang yang bergerak di bidang Komunikasi pemasaran ini tidaklah mudah, karena setiap tugas yang dikerjakan berkaitan dengan kemajuan perusahaan walaupun efeknya akan terlihat dalam jangka waktu yang cukup lama. Banyak konsep dari pemasaran suatu perusahaan yang mengalami kegagalan karena strategi yang tidak menarik minat masyarakat dan hanya berfokus kepada produk terjual bukan brand awareness.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan agar produk dan jasa mereka dapat dikenal oleh masyarakat, seperti iklan, direct marketing, branding, pengemasan, sales, sponsor dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan brand awareness. Komunikasi pemasaran harus dapat mencapai target yang telah ditentukan, jika tidak, pekerjaan mereka akan menjadi sasarannya. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan dalam Komunikasi Pemasaran, misalnya saja kenali target perusahaan, sebagai seorang marketing, kita mempunyai tanggungjawab untuk mengenali target konsumen, seperti cara mereka berpikir, berprilaku, tempat tinggalnya, maupun kedudukan sosialnya. Hal itu akan menyangkut kepada bagaimana seorang marketing dalam mengkomunikasikan sesuatu yang hendak dijual sehingga dapat menarik perhatian konsumen tersebut. Mulai dari gaya bahasa, desain iklan, penggunaan kata yang tepat harus diperhatikan dalam setiap detail dalam komunikasi pemasaran. Dan jangan lupa, untuk tetap mengedepankan kualitas dan manfaat pada produk dan jasa yang akan digunakan oleh masyarakat, karena secara tidak langsung akan membuat konsumen kembali membeli produk ataupun jasa pada perusahaan tersebut.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *