Manfaat E Learning Untuk Bimbingan Mahasiswa

manfaat E-Learning untuk bimbingan mahasiswa
manfaat e learning untuk bimbingan mahasiswa

Banyak sekali manfaat E learning yang sangat menguntungkan bagi penggunanya, khususnya untuk bimbingan mahasiswa. E learning sendiri merupakan suatu konsep atau sistem pendidikan yang menggunakan teknologi informasi dalam prosesnya untuk belajar mengajar. Pembelajaran ini menggunakan sistem elektronik atau komputer yang mampu mendukung proses pembelajarannya.

Saat ini sudah banyak instansi dan perusahaan yang menggunkan E learning untuk membantu sistem pembelajarannya. E learning menjadi solusi untuk berbagai kegiatan seperti pembelajaran dan pemberian bimbingan. Khususnya bimbingan mahasiswa secara online.

Dengan menggunakan E learning, mahasiswa sangat terbantu dalam melakukan konsultasi kepada pihak dosen maupun pihak kampus tanpa harus bertemu atau datang ke lokasi. E learning sudah mulai digunakan, dan semakin meningkat penggunanya sejak sistem pembelajaran berubah menjadi online akibat dari adanya Pandemi Covid 19.

Berikut adalah manfaat E learning untuk bimbingan online mahasiswa yang perlu anda ketahui :

1. Efisien Biaya

Manfaat pertama adalah efisien biaya bagi peyelenggara, efisien dalam penyediaan fasilitas dan sarana belajar dan bimbingan serta efisien biaya untuk transportasi daan akomodasi mahasiswa.

2. Fleksibel

Menggunakan E learning memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa dalam memilih waktu dan tempat untuk melakukan bimbingan yang mereka butuhkan.

3. Belajar Mandiri

Selanjutnya adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa secara mandiri memegang kendali atas apa yang mereka inginkan selama melakukan bimbingan.

4. Lebih Personal

Dengan memakai E learning untuk melakukan bimbingan, mahasiswa dan dosen benar benar memiliki hubungan dalam satu waktu untuk bisa berinteraksi layaknya bertemu secara langsung di suatu tempat. Sehingga bimbingan bisa lebih personal antara dosen dengan mahasiswa.

5. Pendekatan Lebih Sesuai

Metode yang digunakan E learning telah menggabungkannya dengan sistem formal dan informal. Hal ini memiliki maksud agar mahasiswa bia lebih mudah memahami sesuatu yang telah dosen sampaikan dengan cara yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

6. Ramah Lingkungan

Manfaat selanjutnya adalah ramah lingkungan. Maksudnya adalah dengan menggunakan E learning secara tidak langsung bisa mengurangi polusi yang timbul akibat kendaraan bermotor. Selain itu E learning juga tidak membutuhkan kertas untuk menyimpan data datanya. Sehingga memiliki dampak positif bagi lingkungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *