Manfaat Blogging : Alasan Memulai Blog

Memulai Blogging
Memulai Blogging

Blogging adalah aktivitas yang dapat dilakukan siapa saja karena mudah, murah, dan tersedia untuk semua orang. Banyak orang yang memulai sebuah blog dengan alasan yang berbeda, seperti untuk mengembangkan potensi pribadi atau ingin menjadi blogger profesional.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari blogging dan bagaimana hal itu dapat mengubah hidup Anda.

Mengasah Keterampilan Menulis Anda

Menulis adalah keterampilan yang sangat berharga. Meskipun ada beberapa yang berpikir penulis dilahirkan dengan bakat seperti itu, kebanyakan blogger akan mengatakan bahwa seni komunikasi dapat dipelajari melalui latihan yang konsisten.

Saat Anda secara konsisten membuat blog, Anda akan mulai lebih memperhatikan pilihan kata, struktur kalimat, dan tampilan blog. Mempelajari cara menulis posting blog yang baik tentu akan meningkatkan keterampilan menulis Anda.

Menjadi Kreatif dan Inovatif

Menulis memberi Anda waktu untuk mengatur pikiran Anda. Biasanya, waktu Anda menulis blog Anda akan memikirkan kembali, menyusun ulang, menghapus, mengedit, dan mengubah tulisan Anda hingga sesuai dengan keinginan Anda. Hal tersebut memberi Anda waktu untuk menganalisis koherensi dan logika di balik pemikiran Anda.

Hal ini pada akhirnya dapat menjadi bagian dari proses berpikir mental Anda dalam kehidupan sehari-hari, mengarahkan Anda untuk menjadi kreatif dan inovatif.

Baca juga mengenai : Mahir Bahasa Inggris Itu Penting!

Mampu Mengatasi Kesulitan Mental dan Fisik

Jika Anda ingin membuat blog untuk tujuan pribadi. Anda bisa menjadikan blog sebagai “buku harian rahasia” dan hal itu dapat dikatakan sebagai pelampiasan emosi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menulis membantu orang untuk sembuh secara emosional setelah mengalami pengalaman traumatis. Sekalipun pengalaman Anda mungkin tidak terlalu traumatis, menulis dapat berfungsi sebagai cara untuk mengatasi kesulitan mental dan fisik dalam hidup.

Mengembangkan Kebiasaan yang Lebih Sehat

Blogging adalah kegiatan yang membutuhkan tingkat disiplin dan komitmen yang tinggi. Anda dapat menulis blog sesuai dengan keinginan Anda, tetapi jika Anda memiliki tujuan dan ingin orang benar-benar mengunjungi blog Anda, Anda perlu untuk menulis blog secara konsisten.

Semakin banyak orang mulai membaca, berkomentar dan membagikan blog Anda, maka Anda akan semakin termotivasi. Begitulah cara sebagian besar blogger amatir bertransisi menjadi blogger profesional penuh waktu.

Berpikiran Terbuka dan Berwawasan Luas

Dalam proses mengembangkan ide untuk posting blog baru, Anda akan dihadapkan pada perspektif yang berbeda. Hal ini mirip seperti berinteraksi dengan orang baru yang memiliki ide dan pendapat berbeda, blogging membuka Anda untuk belajar dan memperluas wawasan Anda.

Dengan audiens blog Anda yang berasal dari berbagai negara melalui internet, Anda dapat menemukan berbagai budaya, cara hidup, proses berpikir, dan masalah kehidupan. Hasilnya adalah Anda akan menjadi pribadi yang lebih berpikiran terbuka dan berwawasan luas.

Anda Dapat Membuat Perbedaan dalam Kehidupan Orang Lain

Ketika Anda memulai sebuah blog, maka Anda dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain. Tidak peduli apa yang Anda diskusikan dalam blog Anda, selalu ada kemungkinan bahwa ada orang lain yang sedang mengalami tantangan atau dilema.

Postingan blog Anda dapat terhubung dengan pembaca pada tingkat intelektual atau emosional dan membantu mereka mengatasi peristiwa traumatis, menginspirasi mereka untuk mencoba sesuatu yang baru, atau membuat keputusan untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Misalnya, salah satu blog yang saya buat ditujukan untuk membantu orang membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Saya memulainya untuk memberikan saran uang, karir dan pendidikan dan itu selalu membuat saya tersenyum ketika saya mendapatkan email dari pembaca yang telah menggunakan blog saya untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa blog Anda tidak akan “mengubah dunia”, namun bagi satu orang itu akan menganggap Anda sebagai “pembawa cahaya” dan mengubah hidup mereka.

Lebih Percaya Diri

Anda perlu membangun kepercayaan diri ? Maka Anda bisa memulainya dengan blogging. Ketika Anda membuat blog tentang topik yang menarik perhatian pembaca Anda dan mereka menanggapi Anda melalui komentar, Anda pasti akan merasa senang. Anda akan segera menyadari bahwa Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan dan dibagikan kepada dunia dan hal itu akan mendorong Anda untuk lebih sering mengungkapkan pikiran Anda.

Membuka Peluang Baru

Blogging membuka peluang baru karena blog dapat dibaca oleh siapa saja di dunia. Siapa yang tahu seseorang akan menemukan blog Anda? Jika Anda memiliki tujuan yang jelas (misalnya menggunakan blog Anda sebagai resume Anda untuk mencari perkerjaan tetep secara profesional), maka Anda secara Anda dapat menggunakan blog untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika Anda menjadi blogger profesional, Anda memiliki kesempatan untuk diundang berbicara di konferensi, menulis blog untuk publikasi besar atau menjadikan diri Anda sebagai pemimpin komunitas. Anda bahkan dapat menemukan karier yang Anda sukai dan lebih cocok dengan keterampilan dan bakat Anda.

Selain itu, blogging dapat membantu Anda mengembangkan sejumlah keterampilan untuk terjun dalam lingkungan pekerjaan profesional. Misalnya, hampir semua pengusaha mencari keterampilan menulis, komunikasi, presentasi, berpikir kritis, dan kepemimpinan. Hal tersebut akan Anda dapatkan, jika Anda menulis blog dengan konsisten.

Menghasilkan Uang

Blogging dapat menghasilkan uang adalah salah satu topik trend akhir-akhir ini dan hal ini dapat menjadi peluang berharga bagi Anda yang ingin atau sudah memulai Blog. Anda dapat memulai blogging dengan tujuan menghasilkan uang, tetapi Anda juga dapat memulai blog tanpa ingin menghasilkan uang.

Apapun tujuan Anda, maka ada potensi untuk menghasilkan uang. Anda dapat menghasilkan unag dari menjual ruang iklan, merekomendasikan produk atau layanan atau menjadi pekerja lepas. Blogging dapat menjadi penghasilan sampingan atau bisnis penuh waktu.

Memulai Blogging
Memulai Blogging

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *