Dunia pendidikan online (e-learning) di Indonesia menempati peringkat ke-8 di seluruh dunia berdasarkan total market dari e-learning. Menurut data elearningindustry.com, setiap kebutuhan pendidikan online maka semakin meningkat di tiap tahunnya terutama datang dari perusahaan ataupun korporasi di Indonesia. Saat ini banyak korporasi beralih ke sistem perusahaan e-learning.
Sudut Pandang Perusahaan
Saat ini banyak perusahaan dari skala kecil, menengah, hingga besar mulai memandang pentingnya dan kelebihan dari adanya e-learning. Menurut data dan statistik dari The 2014 Training Industry Report sebesar 29% perusahaan secara global baik kecil, menengah, serta besar berminat membeli software dan jasa e-learning. Kemudian isebesar 41% perusahaan juga berminat untuk membeli jasa Learning Management System (LMS). Solusi perusahaan yang ingin beralih online yang penggunaannya mudah pada aplikasi e-learning dengan Learning Management System yang sangat sering penggunaanya yaitu https://campusnet.id/
Sistem Perusahaan E-learning
Sistem belajar secara online menjadi sebuah cara yang cukup efektif dan efiesien. Hal ini juga mendapat dukungan berdasarkan data bahwa belajar melalui e-learning membutuhkan waktu 40-60% lebih sedikit jika mebandingkan dengan sistem belajar offline. Selain itu, dengan metode e-learning peserta menjadi lebih efektif belajar. Hal itu disebabkan karena dapat menguasai dengan kapasitas lima kali lebih banyak materi, hal itu berbeda dengan kelas offline dengan durasi waktu belajar yang sama.
Dengan sistem e-learning para peserta didik, murid, atau karyawan tidak harus datang ke tempat belajar. Mereka dapat mengatur serta memilih pengajar sesuai dengan jadwal mereka secara online. Hal ini yang membuat banyak instansi optimistis dengan potensi masa depan sektor e-learning di Indonesia.
Hal tersebut sangat membantu bagi sebagian besar murid dari instansi yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Terlebih kini saat ini banyak instansi yang bekerjasama dengan beberapa perusahan besar di Indonesia. Perusahaan teresebut seperti asuransi, migas, retail, insititusi pendidikan dan pelatihan, hingga BUMN. Hal tersebut sangat memperluas target pasar yaitu khususnya business to business. Serta disesuaikan dengan tren market e-learning bagi perusahaan secara global yang dipantau setiap tahunnya.