Kisah Awal Blogger dan Bagaimana Blogger Saat ini

Menulis Blog
Menulis Blog

Blogger.com (blogspot.com) adalah platform blogging di internet. Selain itu, Blogger.com menjadi tempat paling populer untuk blog gratis selama beberapa tahun terakhir dan memiliki tools yang sangat mendukung.

Anda dapat memulai dan mengembangkan blog profesional secara gratis dan bahkan menghasilkan uang darinya. Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat blog dan Anda dapat membuat blog dalam hitungan menit. Hal ini menjadikan Blogger.com menjadi tempat yang sempurna bagi banyak orang, perusahaan, organisasi, dan lainnya untuk membuat tempat web mereka sendiri, di mana mereka dapat dengan bebas mengekspresikan kepercayaan dan pendapat mereka.

Baca juga mengenai : Instagram Ads : Mengenal dan Memahami Instagram Ads

Sejarah Blogger

Pada tahun 1994, Blog pertama yang dibuat oleh Justin Hall di Links.net. Justin Hall membuat blog pertama di Links.net. Istilah “blog” belum diciptakan dan Hall menyebutnya sebagai homepage pribadinya.

Pada tahun 1997, Jorn Barger menciptakan istilah “weblog”. Jorn Barger menciptakan istilah “weblog” untuk menggambarkan situs ini. Orang lain mengikuti Justin Hall dan membagikan kehidupan pribadi mereka secara online.

Pada tahun 1998, Open Diary diluncurkan untuk melakukan pendekatan komunitas blogging yang memungkinkan anggota untuk mengomentari blog orang lain.

Pada tahun 1999, Peter Morholz menyingkat “weblog” menjadi “blog”. Selain itu, pada tahun yang sama yaitu tahun 1999, sebuah perusahaan teknologi bernama Pyra Labs berdiri, dengan salah satu pendirinya Evan Williams. Perusahaan tersebut ingin membuat suatu tempat blog gratis, di mana setiap orang dapat membuat situs web blog tersebut dan menulis di sana tentang minatnya. Oleh karena itu pada tanggal 23 Agustus 1999, Pyra Labs meluncurkan Blogger.com dan masyarakat mengenalnya sebagai salah satu alat penerbitan blog terdedikasi paling awal.

Tahun 2002 adalah tahun yang besar untuk Blogger.com, tapi 2003 ternyata lebih besar. Google membeli Blogger.com dan memperkenalkan Google AdSense yang memungkinkan siapa saja untuk memonetisasi blog mereka tanpa perlu bergabung dengan jaringan khusus seperti BlogAds.

Setelah Google membeli Blogger.com, semua layanan berbayar yang ditawarkan platform ini menjadi gratis dan beberapa fitur baru ditambahkan. Setahun kemudian, integrasi dengan Picasa (situs berbagi foto populer) dikembangkan dan pengguna dapat menambahkan gambar ke posting mereka. Beberapa bulan kemudian, desain ulang besar diperkenalkan dengan banyak fitur baru seperti template web profesional, halaman arsip, posting email, dan banyak lainnya.

Pada tahun 2006 Google memindahkan server Blogger sepenuhnya ke server Google dan mendesain ulang serta memberikan fasilitas dan tools baru. Kemudian, Google AdSense menjadi terintegrasi penuh dengan blogger dan memungkinkan pengguna untuk memperoleh pendapatan iklan dari blog mereka.

Blogger.com Hari ini

Blogger pemula lebih sering menggunakan Blogger.com untuk membuat blog pribadi. Hal ini tidak lepas dari kesederhanaan sistem yang diberikan dan juga tidak perlu berlangganan hosting. Anda hanya diharuskan memiliki akun Gmail untuk menjalankan platform gratis ini. dan akan mendapatkan satu subdomain yang akan diberikan pada saat pendaftaran dan pembuatan akun.

Saat ini Blogger.com memiliki pengguna dalam industri microblogging yang sangat banyak. Namun, tidak ada data resmi tentang berapa banyak blog yang ada hingga saat ini, tetapi jumlahnya akan sangat besar. Namun saat ini popularitas Blogger.com menurun akibat munculnya pesaing lain seperti WordPress yang menawarkan fasilitas dan tools yang lebih beragam.

Menulis Blogspot
Menulis Blogspot

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *