Instagram Insight Analytics : Panduan Bagi Pemula

Instagram Insight Analytics
Instagram Insight Analytics – Campus Digital

Bisnis digital banyak menjadi pilihan para marketer, terlebih pada era terbatas seperti sekarang ini. Pemasaran bisnis melalui digital dapat menjangkau lebih banyak orang tanpa melalui mobilitas yang masif. Hal ini menjadikan para digital marketer memilih jalan ini. Beberapa platform media sosial juga mulai banyak menyediakan tools yang dapat memudahkan para pelaku usaha. Salah satunya Instagram, dengan fitur Instagram Insight Analytics kamu dapat mengevaluasi keefektifan pemasaran yang kamu lakukan.

Instagram Insight Analytics dapat membantu kamu dalam memantau jangkauan bisnismu. Dengan begitu kamu tidak perlu bingung untuk mengambil langkah efektif dalam pemasaranmu. Instagram Insight akan menyuguhkan data yang lengkap dan akuran terkait dengan performa akun bisnismu. Data yang tersedia mulai dari waktu, profil, sampai jangkauan tempat akan membantumu untuk meningkatkan performa bisnismu.

Baca Juga: Instagram Ads : Mengenal dan Memahami Instagram Ads

Apa Itu Instagram Insight Analytics?

Instagram Insights Analytics adalah sebuah tools dari Instagram untuk memantau jangkauan audiensmu. Berbeda dengan Instagram Ads, Instagram Insight tersedia secara free, untuk mengaksesnya kamu hanya perlu mengubah profilmu dari personal menjadi akun bisnis. Untuk mengubahnya kamu dapat langsung mengaksesnya pada opsi ‘Edit Profil’ yang ada pada menu personalmu.

Dalam instagram insight terdapat data-data yang berguna dalam pengambilan keputusan oleh digital marketer. Data yang tersedia dapat menjadi acuan untukmu dalam rangka meningkatkan keefektifan pemasaran di akun bisnismu. Hal ini juga dapat menjadi bahan evaluasi dalam bisnismu.

Bagaimana Cara Untuk Menggunakan Instagram Insight Analytics?

Penggunaan tools instagram ini relatif lebih mudah daripada tools lain yang sejenis. Hal ini karena tools ini sudah terintegrasi langsung pada aplikasi, tentu saja akan lebih praktis untuk menggunakannya.

Untuk dapat mengaksesnya, kamu perlu melakukan dengan beberapa cara ini:

  1. Buka profil instagram bisnismu, lalu pilih ikon bergaris horizontal di pojok kanan atas, lalu klik opsi ‘Insights’, kemudian data insight akunmu akan tampil secara keseluruhan
  2. Kamu juga dapat mengakses Insight suatu postingat spesifik yang telah kamu unggah. Caranya adalah dengan buka konten yang ingin kamu lihat lalu klik ‘View Insight’ yang terdapat pada bagian bawah postingan. Dengan begini, kamu akan mendapat data rinci dan spesifik dari insight postingan yang kamu kehendaki
  3. Jika kamu ingin melihat Insight story, kamu hanya perlu membuka story yang kamu bagikan lalu kamu dapat memilih opsi ‘Seen By’ untuk melihat insight storymu secara rinci.

Nah dengan begini, kamu dapat dengan mudah melihat jangkauan dari performa bisnismu. Namun tidak ada salahnya untuk mendapatkan bantuan dari ahlinya. Kini Campus Digital menyediakan kursus bersertifikasi yang dapat kamu ikuti disini! 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *