Pembelajaran Jarak Jauh : Hambatan dan Solusinya

hambatan pembelajaran jarak jauh
Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh

Sejak adanya pandemi Covid-19 menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, pemerintah bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Adapun pengertian dari pembelajran jarak jauh merupakan ke kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dengan tanpa tatap muka dan memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajrannya. Sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi baru untuk proses kegiatan belajar mengajar pada saat situasi pandemi. Penerapan pembelajaran jarak jauh ini merupakan hal yang baru bagi Indonesia yang sebelumnya menggunakan pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran jarak jauh dinilai belum efektif dan maksimal serta terdapat beberapa hambatan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Hal ini karena pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi memerlukan pendekatan yang berbeda dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Dalam pelaksanaannya, peserta didik membutuhkan perhatian lebih khususnya sarana prasarana, jaringan internet yang memadai dan motivasi diri agar dapat mengikuti proses pembelajaran secara mandiri.

Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Pada pelaksanaannya, pembelajaran jarak jauh ini tentunya tidak serta merta berjalan lancar sesuai rencana. Ada banyak hambatan dan tantangan yang terjadi dalam proses pelaksanaannya. Adapun beberaapa hambatan yang banyak dialami baik oleh guru, siswa maupun orang tua sebagai berikut :

  1. Guru mengalami hambatan dalam PJJ seperti cenderung fokus kepada penyelesaian kurikulum.
  2. Berkurangnya waktu pembelajaran, sehingga guru tidak dapat mengajar secara maksimal.
  3. Guru mengalami kesulitan berinteraksi ataupun komunikasi dengan orangtua sebagai pembimbing peserta didik di rumah
  4. Tidak semua orangtua memiliki kesanggupan untuk mendampingi anak belajar di rumah. Hal tersebut karena ada kesibukan lain seperti urusan kerja, urusan rumah, dan lainnya.
  5. Orangtua mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran dan memotivasi anak saat belajar di rumah.
  6. Peserta didik mengalami kesulitan untuk fokus dalam belajar dari rumah
  7. Meningkatnya rasa stress dan jenuh akibat isolasi di rumah secara berkelanjutan berpotensi menimbulkan rasa cemas dan depresi bagi anak, akses ke sumber 
  8. Terkendalanya fasilitas dan jaringan internet yang kurang stabil di beberapa daerah tertentu

Solusi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Banyaknya menghadapi berbagai kendala, maka terdapat beberapa solusi yang bisa digunakan yaitu para pengajar harus bisa menyajikan materi pelajaran secara kreatif dan inovatif. Hal tersebut sehingga terwujud kegiatan pembelajaran yang lebih bermakna, menginspirasi, dan lebih menyenangkan serta tidak mengalami kejenuhan belajar dari rumah. Selain itu melakuakan kerjasama antara berbagai pihak yang berkaitan untuk memberikan kemudahan mengenai fasilitas dan jaringan internet yang terkendala.

Demikian ulasan mengenai pembelajaran jarak jauh semoga bermanfaat bagi pembaca dan menjadikan inovasi bagi kita untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *