Ciptakan Buyer Persona untuk Bisnis Kamu!

Ciptakan Buyer Persona untuk Bisnis Kamu!
Ciptakan Buyer Persona untuk Bisnis Kamu!

Ciptakan Buyer Persona untuk Bisnis Kamu! – Buyer persona merupakan hal yang penting dalam dunia digital marketing. Dengan buyer persona, kamu bisa mengidentifikasi apa yang konsumen inginkan dari produk atau jasamu. Sebuah bisnis tercipta karena adanya konsumen atau target market yang ingin menggunakan produk atau jasa tersebut. Hal ini akan semakin mudah bila ada buyer persona. Apa itu buyer persona? Bagaimana cara menciptakannya? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini!

Apa Itu Buyer Persona?

Menurut Social Media Today, buyer persona merupakan representasi target pelanggan yang bisa didapatkan dari hasil riset mendalam. Buyer persona adalah gambaran siapa pelanggan ideal, masalah apa yang pelanggan tersebut hadapi, serta bagaimana mereka memutuskan untuk membeli produk kamu. Jadi, kamu harus membuat profil pelanggan yang terlihat nyata agar bisa mendapatkan cara menarik konsumen. Dengan adanya buyer persona, kamu akan lebih mudah memahami konsumen sehingga bisa menyesuaikan konten, mengembangkan produk, juga mengirimkan newsletter.

Cara Menciptakan Buyer Persona Pada Bisnis

Kamu butuh melakukan riset mendalam untuk mengetahui orang-orang yang serius atau pasti membeli produkmu. Sebagai digital marketer, kamu dapat mengikuti beberapa langkah ini untuk membuat buyer persona.

1.      Meneliti Pelanggan Secara Menyeluruh

Kamu bisa melakukan penelitian terhadap pelanggan yang sudah pernah menggunakan jasa atau membeli produkmu. Penelitian ini dapat kamu lakukan dengan cara mengumpulkan beberapa informasi seperti usia, gender, lokasi, minat, tingkah laku, dan lainnya. Informasi ini bisa kamu dapatkan dengan cara membuat survei online, interview, atau focus group. Cobalah identifikasi apakah pelanggan kamu pernah melakukan interaksi dengan kompetitor, sehingga kamu dapat mengembangkan produk atau jasamu dikemudian hari.

Baca juga Mengenal Berbagai Marketplace di Indonesia

2.      Mengetahui Masalah yang Dihadapi oleh Pelanggan

Carilah masalah apa yang dihadapi oleh pelanggan kamu melalui penelitian langsung seperti ikut terlibat di media sosial. Kemudian, buatlah survei online untuk mengetahui review jasa atau produk kamu untuk konsumen yang sudah pernah menggunakannya. Segera cari solusinya jika mereka mengalami masalah dengan produk atau jasamu.

3.      Mengidentifikasi Tujuan yang Mereka Miliki

Kenali tujuan pelanggan dalam menggunakan jasa atau produkmu secara mendalam. Apakah mereka menggunakan produk atau jasamu untuk kepentingan pribadi atau profesional. Kenali dengan baik agar kamu bisa membuat konten dan membuat jasa atau produk yang sesuai.

4.      Memahami Bagaimana Bisnismu Mampu Membantu Pelanggan

Identifikasi dan pahami bagaimana produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat memberikan manfaat apa saja kepada pelanggan yang sudah pernah menggunakannya. Bagaimana jasa atau produkmu membantu mereka untuk keluar dari masalah yang sedang mereka hadapi.

5.      Membuat Buyer Persona dari Hasil Riset

Berbagai data dan informasi yang sudah ada bisa kamu ubah menjadi buyer persona. Kamu bisa mencoba dari mengelompokkan pelanggan-pelanggan yang pernah menggunakan jasa atau produk kamu.

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu sudah paham tentang buyer persona dan cara membuatnya? Atau masih bingung? Tenang, kamu bisa mempelajarinya secara mendalam dengan bergabung di Campus Digital. Yuk, klik di sini untuk daftar jadi member Campus Digital!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *