Media sosial mengalami peningkatan yang sangat masif pada dua dekade terakhir. Ini mendorong adanya banyak kegiatan terjadi secara digital, salah satunya adalah bertransaksi atau bisnis online. Bisnis online dapat menggunakan Facebook, Twitter, Pinterest serta Instagram. Empat media sosial ini dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan promosi bisnis Anda.
Media sosial menjadi media promosi efektif. Hal ini karena media sosial mampu menjangkau banyak audies. Selain itu, penggunaan kata kunci juga dapat membantu konten media sosial untuk langsung menyasar audiens.
Sebelum bisnis Anda terjun ke dalam media sosial, pastikan platform mana yang sesuai dengan pasar Anda. Selain itu, Anda perlu memperhatikan target customer dan konten yang sesuai dengan tujuan bisnis.
Terdapat beberapa media sosial yang dapat Anda jadikan media promosi untuk bisnis Anda. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai media sosial yang efektif untuk bisnis online, simak selengkapnya!
4 Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis!
Bisnis online dapat menggunakan Facebook, Twitter, Pinterest, serta Instagram. Mari kita uraikan semuanya:
-
Facebook
Facebook merupakan salah satu jenis media sosial yang memiliki power cukup kuat. Hal ini karena jumlah penggunanya lebih dari satu milyar. Selain itu, Facebook juga menyediakan berbagai fitur untuk penggunanya mengunggah teks, gambar, video, maupun link.
Kekuatan Facebook tidak dapat diragukan. dalam hitungan menit saja konten dapat menyebar luas hingga jutaan. Dalam upaya marketing bisnis online, Facebook memiliki peran sebagai sarana komunikasi antara penjual dan pembeli.
Anda juga dapat menyasar target pasar dengan mempromosikan konten melalui Facebook page.
2. Twitter
Tidak sama dengan Facebook, platform media sosial Twitter ini menggunakan basis micro blogging. Ini maksudnya konten yang dapat tampil terbatas, yaitu hanya 140 karakter.
Dalam upaya promosi, Twitter dapat berperan sebagai penyampaian informasi terkini, updtae, opini atau feedback customer dan seputar pertanyaan.
Twitter dapat memberikan kenyamanan bagi para seller dan pembeli untuk melakukan komunikasi dan penyampaian informasi.
3. Instagram
Media sosial Instagram dapat menjadi pilihan untuk bisnis yang memerlukan konten gambar dan video. Pada umumnya, pebisnis yang menggunakan Instagram memiliki segmentasi pasar cenderung untuk remaja. Hal ini karena Instagram banyak digemari oleh kaum remaja dan generasi millenial.
4. Pinterest
Media sosial keempat yang dapat Anda gunakan adalah Pinterest. Platform ini sangat efektif apabila target pasar Anda adalah wanita. Pinterest dapat menjadi solusi bagi para marketer yang memang berfokus pada visual image, terutama bidang fashion.
Setelah mengetahui beberapa media sosial yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan bisnis online, Anda tertarik pada media sosial yang mana?
Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!
Baca juga 4 Cara Jitu Bisnis di Twitter, Simak Tipsnya!