Bersyukur Salah Satu Kunci Kebahagiaan

Setiap manusia pastinya ingin meraih hidup yang bahagia yang tentunya indikator bahagia setiap orang pasti berbeda. Namun terkadang seseorang terlalu tinggi menaruh standarisasi bahagia tanpa merasa bersyukur dengan apa yang ia punya, hingga melupakan kapasitas diri sendiri.

Seringnya seseorang baru merasa bahagia jika ia memiliki kendaraan yang mewah, rumah yang besar dan hidup yang mewah. Sebenarnya jika seseorang mampu mensyukuri apa yang ia miliki saat ini, kebahagiaan akan menghapirinya.

Bersyukur atas nikmat hidup yang telah diberikan tuhan kepada kita seperti sehat, makan, minum dan lainnya, merupakan salah satu hal yang perlu kita syukuri. Jika kita dapat mensyukurinya niscaya kita akan hidup senang dan bahagia.

Salah satu aktor ternama di Indonesia Herjunot Ali mengatakan cara bersyukurnya dalam Podcast di akun Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo. Menurutnya, selama kita nafas tanpa infusan, makan tidak melalui tenggorokan, kita sudah beruntung dan harus disyukuri kita pasti bahagia.

Baca juga Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19

Banyak cara bersyukur yang dapat dilakukan agar seseorang bisa menemukan bahagianya. Bersyukur bukanlah hal yang mahal, namun tidak mudah dan seringkali seseorang lupa melakukannya.

Cara untuk merasa bersyukur

Selalu mengingat Allah SWT.

Seorang muslim harus selalu mengingat Allah yang telah menciptakan dunia ini, dan telah menetapkan rezeki kepada setiap hambanya. Jika selalu mengingat Allah, kita akan mendekati anjurannya dan menjauhi segala larangannya, sehingga tidak muncul rasa iri hati dan dengki terhadap sesama.

Dengan begitu, kita akan selalu merasa bahwa apa yang orang lain dan apa yang kita nikmati setiap saatnya adalah milik Allah. Sesuai dengan

Menjadi diri sendiri

Tidak berusaha menjadi orang lain, akan membuat kita merasa bangga dengan apa yang dimiliki. Kita akan melakukan segalanya yang terbaik untuk meraih apa yang kita inginkan, dan lebih mengenal kapasitas diri.

Selain itu, kita tidak akan membandingkan dengan apa yang telah orang lain raih. Cara ini merupakan salah satu cara agar tidak merasa insecure terhadap sesuatu yang ada dalam diri kita, bahwa sesungguhnya setiap orang memiliki kapasitasnya masing Рmasing.

Tidak berekpetasi lebih

Dengan tidak menaruh ekpetasi atau harapan berlebihan terhadap sesuatu, dapat mengurangi rasa kecewa atau ketidakpuasan kita terhadap apa yang kita jalani.

Berharaplah secukupnya, berusahalah sesuai porsinya, dan jangan lupa untuk bersyukur setiap harinya. Coba berdamailah dengan diri sendiri, agar dapat mensyukuri atas apa yang telah kita miliki setiap harinya.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *