Belajar Digital Marketing Guna Peningkatan Skill di tahun 2021 Era Millenial

  Sadarkah kalian, menurut sumber penelitian data yang dilansir oleh We are Social, sebuah agensi digital marketing di Amerika, menyebutkan bahwa platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia per Januari 2017 adalah Youtube 49% user dan oleh Facebook sebesar 48% user. Posisi selanjutnya ditempati oleh Instagram 39% user, Twitter 38% user , Whatsapp 38% user, dan Google 36% user. Media social lainnya di tempati secara berurutan oleh FB Messenger, Line, Linkedin, BBM, Pinterest, dan Wechat (Kemp, 2017).   Pada era teknologi digital telah mengubah manusia dalam berkomunikasi, bertindak, dan mengambil keputusan. Aktivitas pemasaran tidak  lepas dari pengaruh teknologi digital. Istilah pemasaran berbasis digital  atau digital marketing  telah mengalami evolusi yang awalnya hanya kegiatan pemasaran barang dan jasa yang menggunakan saluran digital menjadi pengertian yang lebih luas yang merupakan proses membangun preferensi konsumen, memperoleh konsumen, mempromosikan merek,  memelihara konsumen, dan meningkatkan penjualan. Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
  1. Sasaran atau target mudah diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan pengguna media social.
  2. Hasilnya akan terlihat cepat sehingga pemasar oleh karena itu, akan mudah melakukan tindakan koreksi atau perubahan yang tidak sesuai.
  3. Biayanya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional
  4.  Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis
  5.  Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu
  6.  Hasilnya dapat diukur, missal jumlah konsumen yang melakukan pembelian online, jumlah pengunjung situs.
  7.  Meraih konsumen atau melakukan engagement karena komunikasi terjadi secara langsung terjadi dari dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.
Di sisi lain, digital marketing memiliki kelemahan, di antaranya:
  1. Mudah ditiru oleh pesaing
  2. Dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
3.Reputasi menjadi tidak baik ketika ada respon negatif Kursus digital marketing  ini meletakkan dasar pemasaran media sosial. Anda akan mempelajari apa yang dimaksud dengan pemasaran media sosial, termasuk sejarah dan berbagai saluran media sosial yang ada di luar sana. Anda akan belajar cara memilih saluran media sosial yang sesuai dengan kebutuhan Anda, menetapkan sasaran dan metrik keberhasilan, serta menentukan siapa audiens target Anda. Kursus ini akan membantu Anda membangun dasar yang kuat untuk pemasaran media sosial dan mendapatkan keterampilan yang dapat diterapkan yang akan memungkinkan Anda membuat upaya pemasaran media sosial Anda lebih sukses dan terlihat. Anda tidak memerlukan pengalaman pemasaran, tetapi harus memiliki keterampilan navigasi internet dasar dan bersemangat untuk berpartisipasi dan terhubung di media sosial. Menentukan tujuan Mengetahui apa yang ingin Anda capai dan memiliki rencana dapat:Membantu tetap terhubung alasan Anda memilih untuk mengejar program ini seperti keterampilan baru, atau pekerjaan baru dengan pekerjaan yang diperlukan untuk menyelesaikannya.Berikan jalur yang jelas untuk mencapai hasil yang Anda inginkan, yang memungkinkan Anda mengetahui langkah Anda selanjutnya dan mengetahui apakah Anda telah mencapainya.Tingkatkan kepercayaan diri Anda dengan memberi Anda kerangka kerja untuk kembali ketika Anda frustrasi atau lelah. Mengetahui mengapa Anda bekerja sangat keras dan bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda dapat melihat Anda melalui saat-saat Anda mungkin merasa ingin menyerah.  Pengguna teknologi digital mempengaruhi segala aspek kehidupan dalam  kegiatan manusia termasuk pemasaran. Pemasaran berbasis digital digunakan untuk mendapatkan konsumen, memelihara konsumen, membangun preferensi mereka, promosi merek serta meningkatkan jumlah produk yang terjual dan pada akhirnya meningkatkan profit. Digital Marketing memungkinkan pembeli memperoleh seluruh informasi mengenai produk sehingga  dapat melakukan transaksi jual beli dengan internet. Seperti contohnya penjual, mereka juga dapat memantau, menyediakan kebutuhan dan  keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu serta geografis. Pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing sertamemanfaatkan media social secara optimal, namun mereka menghadapi beberapa kendala, seperti halnya kurangnya pemahaman tentang teknologi informasi.  Pemahaman pengguna social media tentang bagaimana memaksimalkan platform Facebook, Instagram , marketplace sangat minim. Sehingga bagaimana menciptakan “postingan” yang menarik dan dapat mempengaruhi pembeli. Untuk itu belajar dari skill digital marketing di Campus digital sangatlah membantu berikut ini linknya simak di situs

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *