Sadarkah kalian, menurut sumber penelitian data yang dilansir oleh We are Social, sebuah agensi digital marketing di Amerika, menyebutkan bahwa platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia per Januari 2017 adalah Youtube 49% user dan oleh Facebook sebesar 48% user. Posisi selanjutnya ditempati oleh Instagram 39% user, Twitter 38% user , Whatsapp 38% user, dan Google 36% user. Media social lainnya di tempati secara berurutan oleh FB Messenger, Line, Linkedin, BBM, Pinterest, dan Wechat (Kemp, 2017). Pada era teknologi digital telah mengubah manusia dalam berkomunikasi, bertindak, dan mengambil keputusan. Aktivitas pemasaran tidak lepas dari pengaruh teknologi digital. Istilah pemasaran berbasis digital atau digital marketing telah mengalami evolusi yang awalnya hanya kegiatan pemasaran barang dan jasa yang menggunakan saluran digital menjadi pengertian yang lebih luas yang merupakan proses membangun preferensi konsumen, memperoleh konsumen, mempromosikan merek, memelihara konsumen, dan meningkatkan penjualan. Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
- Sasaran atau target mudah diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan pengguna media social.
- Hasilnya akan terlihat cepat sehingga pemasar oleh karena itu, akan mudah melakukan tindakan koreksi atau perubahan yang tidak sesuai.
- Biayanya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional
- Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis
- Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu
- Hasilnya dapat diukur, missal jumlah konsumen yang melakukan pembelian online, jumlah pengunjung situs.
- Meraih konsumen atau melakukan engagement karena komunikasi terjadi secara langsung terjadi dari dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.
- Mudah ditiru oleh pesaing
- Dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab