Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau bisnis untuk memasarkan produk mereka melalui internet dan berbagai bentuk media komunikasi digital lainnya. Media komunikasi digital yang dicakup dalam digital marketing meliputi email, website, media sosial, iklan berbasis internet, video, gambar, dan bentuk konten digital lainnya.
Dengan kata lain, pengertian digital marketing dapat juga disimpulkan sebagai bentuk marketing yang melibatkan media komunikasi digital.
Jenis Digital Marketing
Pada dasarnya terdapat beberapa kategori yang termasuk ke dalam digital marketing. Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!
1. Website
Dengan kemajuan teknologi, maka tak heran jika sebuah website merupakan kebutuhan primer yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan.Website sangat berfungsi untuk memperlihatkan suatu perusahaan, mengetahui informasi mengenai bisnis anda, dan bisa sebagai bentuk promosi yang mudah dan hemat biaya.
2. Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk melakukan pencarian mesin pada halaman pertama. SEM ini dibagi menjadi 2 yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Dimana SEO bertujuan untuk menduduki posisi teratas pada pencarian. Namun, pada SEM sendiri tidak terbatas dilakukan secara berbayar tetapi lebih cepat.
3. Sosial Media Marketing (SMM)
Penggunaan media sosial untuk meningkatkan branding dan penjualan online sudah tidak bisa dipungkiri lagi. sebab, mayoritas masyarakat terutama generasi milenial adalah pengguna aktif media sosial. Selain itu juga kondisi saat ini akibat pandemi COVID-19 yang mengharuskan tetap dirumah dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi di bidang sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya. Hal ini meningkatkan brand perusahaan pada marketing di sosial media.
4. Email Marketing
Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan untuk dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
5. Video Marketing
Konsumsi konten video di kalangan masyarakat umum yang semakin meningkat dengan adanya media sosial seperti TikTok, Facebook, dan Instagram juga meningkatkan efektivitas video marketing. Tergantung pada tujuannya, jenis konten yang digunakan untuk video marketing akan bervariasi.
Setelah mengetahui dasar pengetahuan mengenai digital marketing. Bagi seorang pemula untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu memilih alat yang digunakan sebagai platform tempat pemasaran. selanjutnya, membuat konten yang menarik sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. lalu diunggah dan dilihat evaluasi dari feedback untuk kedepannya lebih baik lagi.