Bagaimana Perusahaan di Era Digital 4.0?

Bagaimana perusahaan di Era Digital 4.0? – Teknologi telah banyak merubah tatanan kehidupan di dalam segala aspek masyarakat, mulai dari kebiasaan, pola hidup, bahkan ekonomi. Hal ini pun berdampak pada jalannya perusahaan. Era Digital 4.0 dengan teknologinya yang canggih, tentu dapat memberikan perubahan secara signifikan pada perusahaan. Lalu, bagaimana perusahaan berjalan di Era Digital 4.0?

Bagaimana Perusahaan di Era Digital 4.0?

Era Digitalisasi 4.0

Di Era Digitalisasi 4.0 yang selaras dengan adanya Revolusi Industri 4.0, memang tidak mungkin bisa kita hindari. Terciptanya teknologi mempunyai tujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia, namun nyatanya malah sangat membantu manusia. Seperti yang seharusnya teknologi membantu 10% pekerjaan manusia, di Era Digitalisasi 4.0 yang teknologinya jauh lebih canggih daripada dahulu. Telah membantu manusia sebesar 90%. Itu artinya manusia sangat membutuhkan apapun yang bersifat “Digital” saat ini. Tak terkecuali dengan perusahaan.

Perusahaan Harus Bisa Beradaptasi Pada Digital

Bagaimanapun, perusahaan harus bisa beradaptasi dengan adanya teknologi dan hidup serba digital itu. Karena apabila tidak melakukannya, maka perusahaan akan tergerus oleh perkembangan zaman. Contohnya, perusahaan yang memasarkan produknya lewat media tradisional seperti majalah maupun Koran cetak, jangkaun audiens yang mereka dapatkan lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan yang melakukan pemasaran lewat media sosial. Lalu bagaimana caranya perusahaan bisa melewati Era Digitalisasi 4.0 dengan baik?

Hal-hal yang Perlu Perusahaan Perhatikan, di Era Digitalisasi 4.0

  • Mengikuti tren ekonomi kreatif, perusahaan perlu merancang strategi global untuk bisa mengikuti persaingan dengan perusahaan lain yang semakin hari semakin memanas.
  • Mengadaptasi beberapa teknologi yang memberikan manfaat bagi perusahaan. Seperti pengelolaan terhadap media pemasaran lewat digital, dan lain-lain.
  • Perusahaan bisa melihat pesaing dengan lebih teliti, untuk dapat mengadaptasi sistem yang baik dari mereka, atau malah membuat sistem yang jauh lebih baik lagi.
  • Perlu diingat, perusahaan bisa memakai teknologi untuk menciptakan peningkatan pada loyalitas pelanggan.
  • Yang paling terpenting bagi perusahaan adalah tetap menjalin hubungan baik dengan karyawan maupun klien yang dimilikinya. Meskipun pada saat pandemi ini boanding menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan, namun Era Digitalisasi 4.0 telah memudahkan perusahaan untuk menjalaninya. Contohnya perusahaan tetap bisa menggunakan teknologi seperti Learning Management System dalam berkomunikasi dengan perusahaan, baik untuk personal maupun untuk komunikasi informatif. Teknologi Learning Management System (LMS) bisa kamu dapatkan di PT Campus Data Media!

Baca Juga: Manfaat LMS Bagi Perusahaan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *