Apa Perbedaan dari Blog, Blogger & Blogging ?

Perbedaan Blog, Blogger dan Blogging
Perbedaan Blog, Blogger dan Blogging

Anda pasti pernah mendengar istilah “blog” atau “weblog” dan Anda mungkin berpikir “apa itu blog dan tentang apa itu?”. Pada saat ini banyak orang yang mulai terjun ke dunia internet dan membuatnya sebagai profesi pekerjaan untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu, Blog mulai mengalami kepopuleran, sehingga banyak orang berbicara tentang “blog” dan “blogging”, tetapi masih banyak orang juga yang tidak pernah tahu persis apa itu, apalagi bagaimana cara membuat blog atau mengetahui yang mana situs hosting blog terbaik ! Untungnya, artikel ini akan membahas tentang perbedaan dari blog, blogging dan blogger. Yukk simak penjelasannya…..

Sejarah Blog

Justin Hall pertama kali mengenalkan Blog dengan situs bernama “links.net” pada tahun 1994. Saat itu, tidak ada yang benar-benar mengenal kata “blog” atau “weblog”. Sebenarnya, weblog kurang lebih adalah situs web sederhana, tetapi terlihat seperti blog. Dia memposting secara konsisten tentang sesuatu yang dia sukai dan menjadikannya semacam “buku harian pribadi”.

Pada tahun 1997, Jorn Barger mengenalkan istilah weblog untuk menyebut aktivitas blogging berdasarkan waktu postingan. Pada tahun 1999, weblog disingkat menjadi blog. Saat ini, beberapa orang (yang memiliki komputer dan akses internet) mulai blogging, namun masih belum cukup populer.

Google pada tahun 2003 mengakuisisi blog dari Pyra Labs yang merupakan pemilik Blogger sebelumnya, sehingga mulai tahun itu sampai sekarang Blog mengalami perubahan yang secara signifikan sehingga meningkatkan minat pengguna Blog.

Blog

Sebuah blog sangat mirip dengan sebuah situs web. Blog adalah buku harian/jurnal yang (kebanyakan) dikelola oleh satu orang yang biasa disebut Blogger. Biasanya blog cukup sering diupdate (sekali sehari, seminggu sekali, sebulan sekali). Blog bisa bersifat pribadi, tetapi kebanyakan dari mereka tersedia di internet untuk dilihat orang lain. Blog memiliki topik tertentu. Blogger biasanya bersemangat tentang topik tertentu sehingga mereka akan membuatnya.

Memposting sebuah blog adalah dasar dari sebuah blog. Setiap blog di internet terdiri dari postingan blog yang berbeda yang ditulis oleh blogger. Posting blog dapat berisi konten seperti video, gambar, poin-poin, judul yang berbeda, dan sebagainya.

Blog yang sudah diposting dapat dibagikan di media sosial seperti Twitter dan Facebook, dan orang-orang dapat meninggalkan komentar di bawah posting blog untuk memulai percakapan.

Blog bisa memiliki banyak pengunjung. Ketika blog Anda memiliki cukup banyak posting dan mulai menjadi populer, Anda akan mulai menerima lalu lintas dari situs lain, jejaring sosial, dan bahkan dari mesin pencari. Membuat blog memiliki berbagai manfaat dan fungsi seperti:

  1. Untuk menyampaikan informasi dan berita kepada orang lain di internet
  2. Untuk menghasilkan uang dengan blogging
  3. Promosi diri
  4. Menjadi terhubung dengan orang yang berpikiran sama
  5. Untuk mencari pekerjaan yang lebih baik
  6. Untuk meningkatkan keterampilan menulis

Baca juga mengenai : Marketing & Strategi Digital Dalam Meningkatkan Omset

Blogger

Blogger adalah seorang individu (biasanya pemilik blog) yang menambahkan posting blog baru ke situs blog yang sudah ada. Namun banyak orang yang masih bingung terhadap perbedaan blogger dan Blogger.com

Pengertian blogger adalah orang yang memiliki blog atau pemilik blog. Dengan kata lain, orang yang nge-blog disebut blogger (Inggris) atau blogger (Indonesia).

Definisi kedua, yaitu Blogger.com adalah platform blog milik Google dengan alamat www.blogger.com dan www.blogspot.com.

Blogger.com adalah platform blogging gratis Google. Blog di blogger memiliki subdomain blogspot.com, misalnya sweetaste.blogspot.com. Nama blogspot.com pada alamat blog atau nama domain, dapat dihapus dan diubah menjadi nama domain Anda sendiri, dengan cara menyewa domain dan melakukan Custom Domain. Anda dapat membeli nama domain di penyedia domain seperti Niagahoster.

Blogging

Blogging adalah tindakan membuat dan memelihara konten untuk blog. Ini biasanya dalam bentuk kata-kata tertulis, tetapi juga dapat mencakup gambar, video, atau audio. Seseorang yang melakukan blogging membutuhkan banyak keterampilan untuk menjalankan dan mengendalikan blog seperti melengkapi halaman web dengan alat untuk mempermudah proses penulisan, posting, penautan, dan berbagi konten di internet.

Saat ini blog dan blogging telah menjadi bagian dari strategi pemasaran online atau digital marketing dalam dunia bisnis, yaitu dalam hal pemasaran konten. Dengan demikian, pengertian blog dan blogging telah berkembang.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa mengerti apa perbedaan dari dari blog, blogging dan blogger.

Perbedaan Blog, Blogger dan Blogging

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *