Apa itu Sertifikat Kompetensi dan Cara Mendapatkannya

Apa itu Sertifikat Kompetensi dan Cara Mendapatkannya

Sertifikat Kompetensi

Sertifikat kompetensi merupakan salah satu syarat yang perlu Anda miliki sebelum melamar pekerjaan ke suatu perusahaan. Sertifikat ini menjadi acuan bagi perusahaan untuk melihat kemampuan yang Anda miliki. Apakah perusahaan membutuhkan kemampuan Anda atau tidak. Bahkan, beberapa perusahaan menjadikan sertifikat kompetensi sebagai syarat penting dalam melamar pekerjaan karena dari sertifikat ini, perusahaan dapat melihat kualitas dari calon pekerja.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sertifikat kompetensi dan cara mendapatkannya, simak artikel ini ya!

Apa itu Sertifikat Kompetensi?

Sertifikat kompetensi adalah surat yang dapat menunjukkan bahwa seseorang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang tertentu yang digelutinya. Seseorang yang telah menempuh pendidikan khusus dan lolos dari suatu instansi tersebut akan mendapatkan sertifikat ini. Perusahaan akan menganggap bahwa yang memiliki sertifikat kompetensi ini siap untuk bekerja sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

Biasanya, seseorang menempuh pendidikan atau pelatihan khusus yang sesuai dengan kemampuan dasar yang dimilikinya. Namun, sekarang telah banyak pencari kerja yang mengambil sertifikat ini karena adanya permintaan dari perusahaan atau bahkan karena keinginannya pribadi. Memang, kemampuan adalah syarat untuk lulus dari program sertifikasi ini, tetapi selama Anda mengikuti semua kegiatan dengan baik dan benar maka Anda bisa saja lolos dan berhak untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Baca juga Pelatihan Online Bersertifikat Mempekaya Skill.

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Perusahaan akan melihat kemampuan atau kompetensi yang Anda miliki berdasarkan dari sertifikat yang Anda miliki. Adanya sertifikat yang sesuai dengan profesi, maka akan banyak juga memberikan manfaat bagi Anda. Sertifikat ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kredibilitas dan daya jual Anda di dunia kerja, serta dapat untuk meningkatkan rasa percaya diri akan kemampuan yang Anda miliki.

Bagi para tenaga kerja dan pencari kerja yang menginginkan sertifikat tertentu, Anda dapat mengikuti kegiatan sertifikasi yang terdapat pada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang berlisensi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). BNSP bertugas untuk menentukan standar tertentu sesuai dengan bidang yang seseorang ambil.

Saat ini, banyak lembaga pemerintahan maupun swasta yang dapat memberikan program sertifikasi resmi dengan logo BNSP. Anda dapat daftar  ke lembaga tersebut untuk melakukan kegiatan sertifikasi yang Anda inginkan. Normalnya, proses sertifikasi ini terlaksana selama beberapa hari sebelum nantinya lembaga akan menguji anda agar mendapakan sertifikat yang sesuai dengan kemampuan.

Beberapa LSP yang dapat Anda ikuti dan berlisensi resmi adalah SMKN 10 Surabaya, K3 Indonesia, Keamanan Pangan Badan POM, Inspektor Industri Manufaktur, dan masih banyak lagi yang bisa Anda cek di sini. Lembaga-lembaga tersebut akan membantu Anda mendapatkan sertifikat yang Anda inginkan untuk mendapatkan pekerjaan. Pelatihan sertifikasi ini dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan sertifikat yang Anda butuhkan karena di akhir pelatihan akan terdapat uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat Anda.

Sertifikat ini sangat bermanfaat bagi pencari kerja maupun tenaga kerja. Banyak perusahaan besar yang mewajibkan sertifikat keselamatan kerja atau K3 sebagai syarat bagi karyawannya. Proses sertifikasi ini juga berguna bagi perusahaan agar perusahaannya dapat maju dan berjalan secara maksimal.

Anda dapat mendapatkan sertifikat yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan memilih lembaga kursus terpercaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *