Apa itu Akuisisi? Pengertian dan Penjelasan Lengkap!

Tau tidak? Ternyata banyak cara yang bisa perusahaan lakukan untuk mengembangkan bisnisnya, salah satunya adalah melalui akuisisi. Pasti sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Lantas, apa sih akuisisi itu dan kenapa perusahaan melakukan akuisisi?

Apa itu Akuisisi?

Akuisisi adalah ketika satu perusahaan membeli sebagian besar atau seluruh saham perusahaan lain untuk mendapatkan kendali atas perusahaan itu. Membeli lebih dari 50% saham perusahaan target dan aset lainnya memungkinkan pengakuisisi membuat keputusan tentang aset yang baru diakuisisi tanpa persetujuan pemegang saham perusahaan lainnya. Akuisisi yang sangat umum dalam bisnis, dapat terjadi dengan persetujuan perusahaan target atau terlepas dari ke-tidak setujuannya. Dengan persetujuan, sering kali ada no-shop clause selama proses berlangsung.

Note: No-Shop Clause adalah klausa yang ada dalam perjanjian antara penjual dan calon pembeli yang melarang penjual meminta proposal pembelian dari pihak lain mana pun. Dengan kata lain, penjual tidak dapat berbelanja bisnis atau aset di sekitar setelah pembuatan letter of intent atau kesepakatan prinsip antara penjual dan pembeli potensial. Letter of intent menguraikan komitmen satu pihak untuk melakukan bisnis dan/atau melaksanakan kesepakatan dengan pihak lain.

Penandatanganan Kontrak

Mengapa Perusahaan Melakukan Akuisisi?

Perusahaan mengakuisisi perusahaan lain karena berbagai alasan. Mereka mungkin mencari skala ekonomi, diversifikasi, pangsa pasar yang lebih besar, peningkatan sinergi, pengurangan biaya, atau penawaran khusus baru. Alasan lain untuk akuisisi termasuk yang tercantum di bawah ini:

Sebagai Cara Memasuki Pasar Asing

Jika sebuah perusahaan ingin memperluas operasinya ke negara lain, membeli perusahaan yang sudah ada di negara itu bisa menjadi cara termudah untuk memasuki pasar luar negeri. Bisnis yang dibeli sudah memiliki personelnya sendiri, nama merek, dan aset tidak berwujud lainnya, yang dapat membantu memastikan bahwa perusahaan yang mengakuisisi akan memulai pasar baru dengan dasar yang kokoh.

Sebagai Strategi Pertumbuhan

Mungkin sebuah perusahaan menemui kendala fisik atau logistik atau kehabisan sumber dayanya. Jika sebuah perusahaan merasa terbebani dengan cara ini, maka sering kali lebih baik untuk mengakuisisi perusahaan lain daripada memperluasnya sendiri. Perusahaan seperti itu mungkin mencari perusahaan muda yang menjanjikan untuk peng-akuisisi-an. Setelah itu, memasukkannya ke dalam aliran pendapatannya sebagai cara baru untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk Mengurangi Kelebihan Kapasitas dan Mengurangi Persaingan

Jika ada terlalu banyak persaingan atau pasokan, perusahaan mungkin mencari akuisisi untuk mengurangi kelebihan kapasitas, menghilangkan persaingan, dan fokus pada penyedia yang paling produktif.

Untuk Mendapatkan Teknologi Baru

Kadang-kadang dapat lebih hemat biaya bagi perusahaan untuk membeli perusahaan lain yang telah berhasil menerapkan teknologi baru daripada menghabiskan waktu dan uang untuk mengembangkan teknologi baru itu sendiri.

Sumber: Investopedia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *