Saat ini strategi pemasaran yang gencar dilakukan oleh para pembisnis yaitu melalui platform media sosial instagram. Melalui media sosial pelaku bisnis dapat memposting bisnisnya dalam bentuk konten audio visual maupun gambar yang dapat menarik calon pembeli. Para pelaku bisnis harus mampu memaksimalkan media sosial instagram guna mampu mendongkrak promosi bisnisnya.
Adapun memanfaatkan instagram marketing diantaranya :
- Menggunakan akun Instagram bisnis
Menggunakan akun instagram bisnis bertujuan untuk mengoptimalkan jalannya bisnis. Salah satu keuntungan menggunakan akun instagram bisnis terdapat fitur insight yang dapat mengetahui jangkauan (Banyak tayangan, kunjungan profil, kunjungan situs web, akses ke kontak & email). Selain itu akun instagram bisnis menjadi magnet kuat untuk meningkatkan jumlah followers
- Optimasi Profil Bisnis
Guna meningkatkan jangkauan pemasaran dalam suatu bisnis mengoptimasi profil bisnis pada media sosial merupakan hal penting. Untuk username dan profil yang digunakan sudah sesuai dengan brand. Pada akun instagram tersebut juga menyertakan link yang terhubung ke shopee, dll. Serta akun instagram juga tambahkan untuk menyertakan deskripsi/ slogan mengenai brand tersebut. Selain itu pada profil juga terhubung dengan email.
- Optimasi Feed Instagram
Untuk mengoptimasi feed instagram sebagai pelaku bisnis harus mampu menentukan konten-konten yang menarik untuk di posting namun masih berhubungan dengan produk yang dijualnya. Bisa dengan cara mengoptimasi feed instagram dengan memposting foto influencer yang menggunakan produk kita, hal ini bertujuan untuk dapat lebih menarik followers lainnya untuk menggunakan produk tersebut. Selain itu memposting peringatan hari besar/peringatan tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal. Pada tampilan design setiap konten, warna yang digunakan bukan warna-warna yang mecolok. Selain itu juga diselipkan dengan postingan atau konten games. Untuk dapat menarik minat pembeli mengadakan Giweaway merupakan hal yang penting dalam strategi marketing.
- Manfaatkan Instagram Story
Memanfaatkan fitur story bertujuan untuk berbagai hal diantaranya untuk membangun interaksi dengan followers (bisa dengan membuat polling/pertanyaan), pengumuman terkait produk yang dijual (seperti ada diskon), info terkait produk (manfaat,kelebihan,dll). Story hanya akan ditampilkan selama 24 jam saja,akan tetapi bisa dengan memanfaatkan highlights story seperti review dari followers pengguna produk, informasi produk, info/pengumuman untuk memudahkan followers untuk memperoleh informasi tersebut.
- Memanfaatkan Instagram TV
Memanfaatkan instagram TV untuk membangun komunitas pelanggan, mendongkrak penjualan, meningkatkan engagement dengan konsumen, mengembangkan branding lebih mudah dan dapat digunakan untuk cross promotion.
- Memposting Ulang Foto/Story dari Followers
Memposting ulang foto/story dari followers menjadi satu bentuk penghargaan bagi followers tersebut sebagai wujud terima kasih sudah membeli produk. Hal ini juga akan menjadi strategi marketing dalam media sosial, dimana semakin banyak review positif dari followers akan memberikan bukti kepada followers lain sehingga mendorong untuk membeli produk tersebut.
- Membuat Caption Yang Menarik
Caption yang menarik pada konten yang diposting akan mendorong followers untuk membaca dan mendorong followers untuk membuka dan melihat isi dari akun kita, hal ini dapat meningkatkan engagement Caption yang menarik bukan lah caption yang terlalu pendek atau bertele-tele menuliskannya, akan tetapi caption yang singkat namun langsung menjurus ke inti/topic yang ingin disampaikan. Penambahan emoticon-emoticon bertujuan agar caption terlihat lebih menarik dan terkesan lebih berwarna. Caption juga bisa berupa pertanyaan kepada followers sehingga mendorong followers untuk memberikan komentar. Ketika followers memberikan komentar, penting untuk membalas komentar tersebut untuk menjaga interaksi dengan followers.
Baca juga artikel Pentingnya Webiste Marketing
- Membuat Hastag Yang Unik dan Menarik
Adanya penggunaan hastag bertujuan agar postingan kita tidak tenggelam dari postingan lain. Selain itu penggunaan hastag juga memudahkan orang-orang untuk menemukan brand kita. Pembuatan hastag bisa mengikuti hastag yang pada umumnya digunakan oleh orang-orang, akan tetapi ada baiknya menciptakan hastag sendiri yang sesuai dengan nama brand/produk yang kita jual.
Nah itu tadi beberapa tips untuk memanfaatkan instagram guna mempromosikan produk jualan kita. Pelaku bisnis memang dituntut untuk rutin membuat konten untuk di posting dan aktif membangun interaksi dengan pelanggan guna mensukseskan promosi bisnisnya.