Semenjak era industri 4.0 kegiatan yang secara tidak langsung bertransformasi menjadi daring (online). Kegiatan ataupun pekerjaan banyak yang berkaitan dengan Internet of Things (IOT) dan Big Data. Berdasarkan data, pengguna internet di indonesia mencapai 175,4 juta dengan penetrasi mencapai 64% dari 272,1 juta jiwa. Oleh karena itu, dunia digital berpengaruh pada pengembangan bisnis dan strategi promosi dari suatu bisnis atau perusahaan.
Salah satu perkembangan dalam dunia bisnis adalah strategi pemasarannya. Pada Era Industri 4.0 pemasaran yang dilakukan oleh kebanyakan perusahaan menggunakan digital marketing. Digital marketing atau pemasaran digital adalah teknik pemasaran dalam bentuk daring (online) dengan memanfaatkan big data dan channel. Digital marketing terbukti berfungsi dalam meningkatkan penjualan suatu produk atau layanan.
Peran Digital Marketing
- Product Marketing
Product Marketing adalah untuk mencapai kesesuaian suatu produk/jasa dengan suatu pasar. Dengan artian bahwa membantu memahami mengapa konsumen membeli suatu produk atau layanan. Hal inilah, yang membantu suatu bisnis atau perusahaan untuk mengembangkan produk, modifikasi yang kompetitif dan penetapan harga.
- Marketing Communication
Marketing Communication adalah untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan, meningkatkan keuntungan, membuat hubungan dengan pelanggan dan menyediakan nilai untuk menyelesaikan masalah pelanggan. Hal inilah yang membantu perusahaan atau bisnis untuk dapat mengambil aksi selanjutnya.
Baca juga mengenai Digital Marketing dalam Bisnis Start-Up
Kelebihan Digital Marketing
- Direct dan instant feedback
Karena pemasaran telah beralih secara digital maka kelebihannya adalah dapat memasarkan suatu produk atau layanan secara langsung dan mendapatkan umpan balik secara langsung juga. Hal tersebut membantu suatu perusahaan dalam menawarkan produk atau layanan ke target konsumen yang tepat.
- Dapat menganalisa hasil kampanye/iklan
Digital marketing memiliki beberapa tools seperti Google Analytics, FB Ads, IG Ads dan lain – lain. Dengan menggunakan tools tersebut dapat membantu bisnis atau perusahaan dalam menganalisa kampanye/iklan , apakah menjangkau target konsumen atau tidak.
- Customer Relationship Management
Customer Relationship management berarti bahwa digital marketing bisa mendapatkan umpan balik secara langsung. Maka dengan begitu dapat menjalin hubungan dengan customer untuk meningkatkan engagement terhadap suatu produk atau layanan.
Setelah melihat tulisan di atas tentunya Digital Marketing sangat bermanfaat di era industri 4.0 untuk menjadi model pemasaran yang efektif.
Untuk mengetahui lebih lanjut dan ingin mempelajari terkait Digital Marketing silahkan kunjungi website Campus Digital