Cara Riset Keyword dan Kata Kunci dengan Mudah

Menentukan kata kunci yang tepat sangatlah penting sebab bisa mempengaruhi performa website atau blog kamu dalam hasil pencarian. Setiap penulis websiteatau blog harus memahami cara riset keyword dan kata kunci agar mereka tahu apa yang sering orang cari pada mesin pencari. Hal ini berguna ntuk menemukan kata kunci yang tepat dan relevan untuk website atau blog mereka.

Untuk menduduki peringkat satu di pencarian Google tidaklah mudah. Konten atau artikel yang kamu buat dan muncul di halaman pertama hasil pencarian akan menarik lebih banyak pembaca.

Cara Riset Keyword

Kamu bisa melakukan riset  keyword dengan menggunakan beberapa tools yang tersedia, seperti berikut :

Keyword Shitter

Keyword Shitter merupakan tools riset kunci terbaru yang tersedia secara gratis. Cara riset kata kunci menggunakan Keyword Shitter cukup sederhana. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci yang kamu targetkan dan Keyword Shitter akan menampilkan saran kata kunci ekor panjang untuk kata kunci yang sudah kamu targetkan tersebut.

Google Related Search

Google Related Seatch merupakan tools riset kata kunci yang Google sediakan. Setiap kamu mencari dengan Google, hasilnya mengandung lebih dari artikel dengan kata kunci yang dimasukkan. Google juga menawarkan saran kata kunci ekor panjang yang berhubungan dengan pencarian kata kunci secara real time.

MOZ

Untuk dapat mengakses fitur MOZ, kamu harus mendaftar terlebih menjadi anggota terlebih dahulu. Setelah mendaftar, kamu akan menerima 10 riset kata kunci. Hasil riset kata kunci ini hanya mengacu pada tiga situs teratas dan tidak memberikan informasi volume pencarian bulanan. Kamu bisa memanfaatkan uji coba gratis 30 hari dari MOZ. Setelah itu, kamu akan ditagih $ 179 per bulan.

Google Trends

Google Trends merupakan layanan Kata Kunci Google yang tersedia secara gratis untuk pengguna. Kamu bisa mengatur wilayah sesuai dengan wilayah target kamu. Kamu akan memperoleh grafik lalu lintas untuk kata kunci yang kamu cari. Google Trends menampilkan grafik pergerakan kata kunci dari satu jam terakhir hingga lima tahun terakhir. Oleh karena itu, kamu bisa melihat grafik popularitas kata kunci dari waktu ke waktu.

Baca Juga Meneliti Kata Kunci yang Tepat

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Cara Ingin Riset Kata Kunci

Secara umum, ada empat komponen penting yang harus kamu perhatikan ketika meriset kata kunci, yakni sebagai berikut.

Search Engine Result Page

SERP menampilkan halaman-halaman yang ada di posisi teratas pada hasil pencarian kata kunci yang kamu teliti. Ini berguna untuk melihat seperti apa tampilan halaman berkualitas tinggi, yang bisa berada di peringkat pertama pada hasil pencarian Google.

Keyword Suggestion

Keyword suggestion merupakan saran kata kunci terkait dengan kata kunci yang ingin kamu cari. Contonya, apabila kamu melakukan riset kata kunci untuk kata kunci “buat website”, maka tools Kata Kunci akan memberi saran kata kunci seperti “cara membuat webstie”, membuat website mudah”, atau “membuat website gratis”.

Keyword Difficulty

Keyword difficulty adalah nilai kesulitan keyword muncul pada halaman petama hasil pencarian. Biasanya, keyword atau kata kunci menggunakan skala dari 0 hingga 100. Semakin tinggi angka, maka akan semakin sulit kata kunci untuk bisa berada di posisi pertama dalam hasil pencarian.

Volume pencarian

Volume pencarian kata kunci merupakan berapa kali pencarian kata kunci dilakukan Google dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, tools Kata Kunci memunculkan banyak pencarian kata kunci selama sebulan terakhir.

Demikianlah pembahasan mengenai cara riset keyword kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat memudahkan kamu dalam melakukan riset kata kunci.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *