WordPress Solusi Pembuatan Website Toko Online

WordPress dapat menjadi salah satu solusi dalam pembuatan toko online. Hal ini disebabkan karena pada masa digitalisasi saat ini membuat toko online impian bukanlah merupakan suatu hal yang sulit. Kita dapat membuat toko online berbasis website dengan mudah. Salah satu tools yang dapat kita gunakan untuk membuat website toko online dengan mudah adalah wordpress. Sebelum lebih jauh membahas tentang cara menggunakan tools tersebut alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan wordpress. Mari simak ulasan lengkap berikut ini. 

Pengertian WordPress

WordPress merupakan cara mudah dalam pembuatan website. Ketika kita membutuhkan platform untuk membangun website, tersedia berbagai cara dan platform yang bisa Anda gunakan. Misalnya bisa menggunakan kebiasaan yang manual dengan menggunakan coding HTML. Namun ada juga kebiasaan yang lebih mudah, yaitu menggunakan CMS atau Content Management System.

CMS meringankan kita untuk membangun website tanpa wajib mengerti coding. Terdapat berbagai CMS untuk membangun website dan WordPress adalah salah satunya. WordPress adalah platform pendirian website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah perkembangan platform ini bersumber semenjak ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pemakai b2/cafeblog, menginisiasi pendirian software serupa

WordPress adalah salah satu platform blog yang saat ini sudah menempuh banyak perputaran seperti membangun website untuk banyak hal, serupa website statis, website toko online, website profil bisnis, website properti, dan lainnya. Platform ini bersifat open-source dan gratis untuk semua penggunanya. Jutaan orang dari berbagai penjuru dunia dapat membangun website yang berkualitas yang mempunyai bentuk modern dan memiliki fitur yang beragam. Buktinya platform ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Beberapa di antaranya adalah SONY Music, Microsoft News Center, Bata, dan masih banyak lagi.

Alasan Penggunaan

Setelah mendeteksi apa itu WordPress, saatnya Anda berpikir terkait keuntungan menggunakan platform tersebut khususnya dalam pembuatan toko online. Ini dia alasannya:

1. Ramah kepada Pemula dan Ahli

Kelebihan pertama adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, baik orang yang sudah ahli programming maupun orang umum. Kita tidak mesti menjadi ahli programming. Dengan berbekal kemauan dan minat belajar yang kuat kita bisa menyelenggarakan website profesional menggunakan WordPress.

2. Komunitas Besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 30 persen website di dunia dibuat memperuntukkan WordPress. Para pemakainya pun membangun forum pembahasan untuk berbagi insight mengenai kebiasaan mereka dalam membangun website dan optimasinya. Forum pembahasan tersebut diadakan baik secara online maupun offline.

3. Tersedia Banyak Tutorial

Tidak semata-mata forum pembahasan, Kita juga bisa mencontoh cara membangun website dan mengoperasikannya dengan melihat tutorial WordPress yang berada di internet. Kita bisa mencontoh dengan membaca bagian latihan yang tersedia, maupun video latihan.

4. Plugin Melimpah

Selain tutorial yang melimpah, plugin WordPress juga melimpah. Anda butuh mengoptimasi SEO website? Ada plugin Yoast SEO. Khusus bagi anda yang ingin membuat toko online kita bisa menggunakan plugin WooCommerce. Platform ini menyisihkan ribuan plugin untuk meringankan kita dalam mengurus dan membuat fitur untuk website Anda. 

5. Tema Beragam

Sebagai salah satu platform favorit untuk membuat website maka wordpress berusaha menyempurnakan layanan dengan memberikan banyak tema yang beragam. Banyak pengembang yang membuat tema untuk berbayar maupun gratis. Berbagai tema yang tersedia gratis pun tidak kalah bersaing dari tema berbayar.

Nah itu dia berbagai penjelasan lengkap mengenai wordpress. Buat kalian yang ingin membangun toko online khususnya toko online di Jakarta sudah saatnya kalian menggunakan wordpress sebagai platform pembuatan website toko online anda. 

Selain itu jika kalian tertarik untuk mempelajari digital marketing salah satunya tentang penulisan konten website yang bisa menarik pelanggan silahkan bergabung bersama Campus Digital.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *