Viral Marketing : Teknik untuk Meningkatkan Engagement

Dalam dunia marketing, terdapat banyak sekali strategi untuk menjangkau lebih banyak target konsumen. Salah satu cara yang dapat kita terapkan yaitu Viral Marketing. Kenapa sih para pemasar menerapkan strategi viral marketing? Yuk, simak pembahasannya!
Apa itu Viral Marketing?
Viral marketing adalah salah satu strategi pemasaran dengan menampilkan konten marketing yang sedang masyarakat minati dalam kehidupan sehari-hari. Contoh konten viral marketing yang sering kita temukan adalah foto, artikel, video, dan lainnya.
Bentuk viral marketing sangat cocok diterapkan pada era modern seperti saat ini. Hal tersebut karena masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet yang merupakan salah satu sarana penghubung dengan konsumen dalam strategi viral marketing.
Baca juga Cara Membuat Marketing Campaign Yang Menarik
Apa Saja Teknik Viral Marketing?
- Menciptakan Produk yang Unik
Buatlah suatu produk yang dari segi nilainya berbeda dari produk lainnya. Ciptakan suatu produk yang unik karena semua hal yang “unik” lebih memikat banyak pelanggan. Jangan lupa juga produk tersebut dapat berguna untuk masyarakat.
- Menarik Perhatian Konsumen Secara Online
Pastikan kamu menampilkan konten yang menarik untuk produk yang kamu tawarkan. Jangan lupa untuk mencantumkan promo dan informasi lainnya seperti kelebihan, spesifikasi, desain, dan lain-lain
- Membuat Konten Mengenai Produk
Membuat konten yang berisikan informasi produk dalam bahasa yang dapat masyarakat pahami. Dalam memposting konten dapat melalui beberapa platform media sosial seperti Tiktok, Youtube, Instagram, dan lainnya
Kamu juga dapat melakukan paid promote terhadap banyak influencer dalam waktu yang telah kita tentukan. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan konten lucu pada sosial media.
- Variasi Produk
Untuk meningkatkan promosi dan nilai pada produk yang kita jual, maka produk tersebut harus memiliki beberapa variasi dan desain yang beragam. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menambahkan fitur lucu atau menambahkan warna, gambar, atau bentuk yang bervariasi.
Lalu, Apa Saja Strategi Viral Marketing Yang Dapat Digunakan?
-
Pakai Social Media Analystic
Untuk mempermudah dalam menganalisis keinginan konsumen, kamu dapat menggunakan bantuan social media analytics. Dengan menggunakan alat ini akan mempermudah dalam mengumpulkan data dari setiap aktivitas di media sosial. Termasuk melacak performa dari setiap campaign.
2. Memilih Media dan Target Audiens yang Tepat
Tidak ada sesuatu yang bisa viral begitu saja. Maka oleh sebab itu, pastikan kamu menyampaikan pesan yang dapat menarik perhatian konsumen.
Hal yang perlu kita perhatikan juga yaitu target konsumen yang ingin kita capai dengan menentukan channel atau platform yang tepat. Baik itu melalui kanal Youtube, Facebook, Instagram, dan lainnya. Pastikan juga kanal tersebut merupakan tempat para target audiens yang kamu tentukan.
3. Gunakan Hastag pada Konten Anda
Hashtag menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat konten kamu populer sehingga keberhasilan campaign kamu bisa mudah terlacak. Maka, manfaatkan waktu anda untuk membuat hashtag yang menarik,unik, dan mudah diingat oleh konsumen.
4. Memberikan Daya Tarik dan Menciptakan Kesan Emosional
Hal yang perlu digarisbawahi bahwa viral marketing tidak akan berhasil apabila konten kamu tidak memiliki keunikan tersendiri. Maka salah satu cara yang harus kamu lakukan yaitu menciptakan konten yang dapat memberikan emosional atau perasaan terhadap konsumen.
Namun, jangan lupa juga untuk memikirkan kualitas konten. Pastikan juga di dalamnya terdapat pesan-pesan yang positif.
5. Menggunakan Strategi Trend Jacking
Strategi tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan isu yang tengah banyak dibicarakan masyarakat untuk bahan promosi.
Sebagai contoh, Mcdonald menjadikan BTS sebagai Brand Ambassador untuk menaikkan omsetnya dan mereka berhasil.