Strategi Efektif Belajar online Jadi Menyenangkan

Strategi Efektif Belajar online Jadi Menyenangkan
unsplash

Strategi Efektif Belajar online Jadi Menyenangkan – Penyebaran virus corona menjadikan proses pembelajaran tatap muka menjadi serba online. Dan juga dengan adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Hal ini menjadikan para siswa harus siap beradaptasi dengan perubahan sistem pembelajaran. Dan tentu memerlukan strategi agar proses belajar tetap efektif.

CampusNet telah merangkum Strategi Efektif Belajar online Jadi Menyenangkan , berikut ulasannya.

1. Manajemen Waktu

Menciptakan belajar efektif harus memiliki manajemen waktu yang baik. Atur waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan tugas, belajar ulang materi dan tentu waktu istirahat kamu. Misalkan, setiap hari kamu akan belajar setidaknya selama 3-4 jam dengan istirahat selama 30 menit. Selain itu, kamu juga bisa menentukan waktu yang sekiranya akan memberikan kemudahan dalam menyerap ilmu. Dan yang paling penting kamu harus membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu.

 2. Mempersiapkan segala kebutuhan

Sebelum melakukan pembelajaran para siswa harus mengetahui apa saja kebutuhan untuk mendukung proses pembelajaran. Karena pembelajaran secara online tentu memerlukan komputer, tablet dan yang terutama adalah kebutuhan jaringan internet yang baik.

3. Membangun suasana nyaman

Suasana belajar yang yaman untuk setiap orang akan berbeda-beda. Ada yang nyaman belajar dengan mendengarkan musik adapula yang harus ditempat yang sunyi. Membangun suasana yang nyaman akan meningkatkan semangat dan fokus belajar

4. Membuat Rangkuman

Merangkum pelajaran menjadi salah satu strategi dalam belajar. Dengan merangkum pelajaran kamu bisa mempersingkat waktu belajar sekaligus mencerna materi dengan lebih cepat dan efisien.

5. Hindari Bergadang

Hal ini menjadi hal yang paling sering dilakukan para siswa. Padahal ini merupakan strategi belajar yang cukup ampuh. Dengan tidur yang cukup akan membuat kamu lebih fokus dan membantu menyimpan informasi lebih baik.

Meskipun cukup sulit membiasakan belajar dengan sistem online, strategi ini dapat membantu kamu efektif dalam belajar. Jadi, pandemi jangan jadi penghalang belajar yah!

 

Baca juga situs belajar online untuk upgrade skill

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *