Strategi bisnis twitter

Lebih dari satu, dua, bahkan hingga lebih dari empat? Ya, itu mungkin saja. Memang benar banyak saluran media sosial yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Pada era digital sekarang ini, banyak orang berbagi informasi, bahkan hingga melakukan branding untuk dirinya sendiri.

Semua itu dapat Anda lakukan dengan mudah jika Anda mempunyai lebih dari satu saluran media sosial. Memang, Facebook adalah media sosial yang paling umum dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Namun bukan hanya itu, di Indonesia, media sosial yang paling digemari selanjutnya adalah Twitter. Bisa di bilang, media sosial ini merupakan adik seperguruannya Facebook. Mengapa demikian? Ini karena, penggunanya di Indonesia terbesar kedua setelah Facebook.

Berdasarkan hal tersebut, peluang apa yang dapat Anda tangkap?

That’s right…! Tidak ada peluang yang menjanjikan selain bisnis online. Dengan banyaknya pengguna, berarti kesempatan emas untuk menjual produk Anda di Twitter merupakan sebuah keharusan.  Namun satu yang wajib Anda ingat. Twitter bukanlah saluran media sosial yang utama bagi Anda untuk menjual berbagai produk dagangan Anda.

Hindari menanyakan hal yang jawabannya terbatas pada iya atau tidak. Format pertanyaan tersebut biasanya tidak banyak direspons oleh pengguna Twitter. Begitu halnya dengan tweet bernada monolog atau terlalu kaku. Gaya seperti ini hanya akan membuat pengikut Anda ragu menanggapi tweet Anda.

Gunakan tanda pagar (Hashtag)

Tanda pagar memudahkan tweet Anda ditemukan oleh pengguna Twitter yang belum mengikuti Anda. Maka, pastikan untuk menyertakan tanda pagar di tweet.

Anda bisa membuat tanda pagar khusus sesuai brand atau mengikuti trending topic di Twitter. Namun, pastikan Anda hanya menambahkan dua buah tanda pagar di tweet. Jumlah ini akan meningkatkan engagement tweet hingga 21% dibandingkan dengan tweet dengan banyak tanda pagar.

Pakai kata-kata ajakan

Gunakan kata-kata ajakan untuk menggiring calon klien ke aksi yang Anda inginkan. Misalkan yang dipakai Gramedia Store ini.

Selain ajakan berbelanja, Anda juga bisa menggunakan kata-kata ajakan lain seperti:

  • Kunjungi website kami
  • Download di sini
  • Baca lebih lanjut

Pakai kata-kata ajakan jika diperlukan saja. Terlalu banyak menggunakan kata-kata tersebut akan menimbulkan kesan agresif pada usaha Anda.

Baca Juga: Hashtag: Cara Jitu untuk Maksimalkan Promosi Bisnis Anda

Ikuti obrolan terkini

Topik pembicaraan yang sedang viral adalah cara yang cukup mulus untuk mempromosikan usaha Anda. Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda pada pengguna Twitter yang belum mengikuti akun Anda.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Grab Indonesia di bawah ini.

Grab Indonesia menggunakan template ajakan nikah dari Kelas Jodoh untuk mempromosikan bisnisnya sendiri. Cara ini bisa jadi efektif karena mencampurkan humor dengan promosi bisnis. Respons yang tak terduga seperti ini bisa memicu asosiasi positif pada brand Anda.

Balas mention, retweet dan like

Twitter didesain supaya Anda bisa lebih dekat dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Maka tak aneh jika Twitter dipakai untuk menonjolkan customer service sebuah brand.

Caption kreatif

Caption tak kalah pentingnya di Twitter. Apalagi jika Anda membagikan video atau konten dari web lain.

Caption memberi konteks pada konten yang dibagikan. Bagian ini juga membantu audiens memutuskan untuk mengklik konten Anda atau tidak.

Cara ini sering dipakai Tirto untuk membagikan kontennya di Twitter. Jika diperhatikan, Tirto tidak pernah sekedar menulis ulang judul artikel ke tweet.

Jika Anda membagikan konten dari web Anda sendiri, ada baiknya untuk mengisi meta description di bagian bawah judul dengan kreatif.

Berinteraksi dengan influencers

Berinteraksi dengan adalah cara strategis untuk mendapatkan eksposur di Twitter.

Influencers memiliki pengikut yang banyak. Akan tetapi, yang tak kalah penting adalah kesediaan pengikut untuk mengikuti apa yang direkomendasikan oleh influencers. Jadi, bukan saja eksposur yang didapatkan melainkan juga lead ke bisnis Anda.

Jika Anda memiliki cukup modal, bekerja sama dengan influencers bisa menjadi pilihan. Anda bisa menjanjikan sejumlah benefit ke influencers agar mereka mempromosikan bisnis Anda.

Namun, ada juga cara lain yang bisa dipakai. Seperti yang dilakukan Go-Jek dengan membalas tweet salah satu penulis terkenal, Benz Bara.

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan testimoni dengan lebih organik dan meyakinkan. Namun, tentu saja Anda perlu jeli supaya tweet semacam ini tak terlewat.

Konsisten

Konsisten adalah elemen yang tak kalah penting dalam marketing. Apalagi di medium seperti Twitter. Di mana umur tweet begitu pendek dan Anda harus bersaing dengan banyaknya tweet dari kompetitor.

Untuk bisa konsisten melakukan marketing di Twitter, ada dua cara yang bisa dilakukan bersamaan. Pertama, persiapkan konten untuk Twitter. Anda bisa membuat konten dan merilisnya di waktu-waktu yang dianggap strategis.

Kedua, jadilah lebih spontan. Selagi tak ada konten untuk dibagikan, Anda bisa membalas pertanyaan pelanggan, retweet dan like tweet yang memperkuat citra bisnis Anda, sambil juga ikut dalam percakapan soal isu yang hangat dibicarakan.

Dengan dua pendekatan ini, upaya promosi usaha Anda bisa berjalan dengan konsisten dan mudah.

Twitter Ads

Twitter Ads merupakan solusi cepat jika Anda memiliki target marketing. Entah itu mendapatkan tambahan pengikut, engagement, pengunjung website atau konversi lain, in-stream video, atau yang lainnya.

Anda bisa menargetkan ke pengguna Twitter dengan minat dan perilaku digital yang spesifik. Dengan begitu, upaya mempromosikan bisnis Anda akan berjalan lebih efektif. Pun, biaya yang dikeluarkan bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki untuk melakukan marketing via Twitter.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *