Pemasaran Online dengan Strategi Internet Marketing

Perkembangan internet dan masyarakat yang melek akan teknologi di zaman sekarang ini semakin meningkat. Teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia melakukan aktivitas. Salah satu nya aktivitas dalam berbisnis, yaitu adanya Strategi Internet Marketing sebagai media pemasaran online.

Internet marketing merupakan salah satu jenis pemasaran online yang populer saat ini. Karena penggunaan nya yang mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Selain itu, jenis pemasaran ini juga merupakan salah satu jenis digital marketing.

Bagi kamu yang tertarik berbisnis online dengan strategi internet marketing, berikut penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menggunakan internet marketing:

5 Langkah Berbisnis Online Menggunakan Internet Marketing

Strategi Internet Marketing Yang Tepat Untuk Meraih Keuntungan

1. Memahami Fungsi Serta Peran dari Media Digital

Bagi kamu yang ingin berbisnis online. Berikut, 4 jenis media yang biasa digunakan dalam internet marketing:

  • Website: merupakan platfom online atau media halaman yang dapat menyampaikan informasi, melakukan jual beli dan pemasaran produk dan jasa.
  • Market place: adalah platfom tempat jual beli online yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia digital. Situs marketplace akan menjadi pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang lebih aman.
  • Toko online: adalah sebuah toko yang berada di media sosial seperti facebook, instagram dan sosial media lain nya yang fungsinya untuk yang memajang produk-produk secara online agar pengunjung situs bisa leluasa memilih dan pengunjung dapat melakukan pemesanan secara online.
  • Sosial Media: merupakan media yang hampir mirip dengan toko online. Sosial media digunakan untuk menjalin komunikasi, temapt berkumpul dan membentuk relasi.

2. Melakukan Segmentasi Market Bisnis

Dalam hal ini, kamu perlu melakukan riset dan analisis pasar terlebih dahulu untuk mengetahui siapa yang menjadi tujuanmu. Kamu bisa melakkan segmentasi market yang di dasarkan pada jenis kelamin, letak lokasi, usia, serta kebiasaan nya dalam menggunakan media internet. Dengan melakukan segmentasi market dapat mempermudah kegiatan pemasaran online dalam mengelola media digital bisnismu.

3. Memilih Media Digital yang Tepat dan Sesuai

Setiap media memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kamu harus bisa memilih media yang tepat dengan pemasaran produk dan jasa agar bisa sesuai dengan target market. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset media berdasarkan segmentasi target market.

4. Menerapkan Strategi Internet Marketing dengan Baik

Menerapkan strategi internet marketing sangat diperlukan agar bisnis bisa berjalan lancar kedepannya. Kamu bisa mulai menggunakan internet marketing dengan menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan oleh beberapa aplikasi atau sosial media.

Misalnya facebook dan instagram mempunyai fitur facebook ads dan instagram ads yang memang ditujukan untuk mengiklankan produk dan jasa. Selain fitur ads kamu juga bisa mengunakan internet marketing dengan membuat website dan memberikan promo ataupun vocer belanja.

Baca juga Strategi Marketing PPC (Pay Per Click) dalam Bisnis

5. Membuat dan Mendistribusikan Content Marketing

Dalam mengiklankan produk secara online, content merupakan hal yang wajib kamu tampilkan dalam iklan produk dan jasa milikmu. Contohnya seperti poster, artikel, video.

Selain itu, pengunaan content marketing dapat mempengaruhi pembaca dan menimbulkan rasa ingin membeli produk tersebut. Content marketing biasanya berisi informasi, persuasi, edukasi, dan daya tarik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *