Panduan Dasar Facebook Marketing Bisnis Online

Facebook Marketing: Panduan Dasar Mulai Bisnis Online

Panduan dasar Facebook Marketing harus dipelajari untuk memulai suatu bisnis. Era digital semakin berkembang pesat. Menjadi suatu hal yang lumrah terhadap banyak bidang melakukan digitalisasi. Pendidikan, kuliner, travel, wisata, dan bidang lainnya melakukan kegiatan bisnisnya secara online.

Baca juga Mengenal Istilah Online. Shop, Sang ‘Raja Baru’ di Dunia Bisnis

Sebagai orang yang ingin memulai bisnis online perlu sekali mempelajari Facebook Marketing untuk meraih calon konsumen. Bagaimana caranya? Yuk, simak panduan dasarnya lebih lanjut.

Panduan Dasar Mulai Bisnis Online dengan Facebook Marketing

Pengertian Dasar Facebook Marketing

Facebook Marketing adalah kegiatan pemarasan dengan menggunakan segala fitur yang ada di Facebook untuk memasarkan produk atau pun jasa dan sebagai sarana untuk berinteraksi dengan para konsumen.

Banyaknya pengguna Facebook yang mencapai 2.7 miliar membuka peluang besar untuk memaksimalkan potensi berhasilnya suatu bisnis.

Berdasarkan data yang ada 65% pengguna Facebook mengunjungi halaman akun bisnis setidaknya sekali dalam satu minggu. Tentunya hal ini bisa meningkatkan traffic sehingga produk atau jasa kita terlihat dan meningkatkan peluang terjual.

Melakukan Facebook Marketing tidak hanya mengandalkan keberuntungan, perlu adanya strategi yang matang agar rencana berjalan dengan optimal.

 

Panduan Dasar Facebook Marketing

  1. Mengapa Kamu Memulai?

Mulailah dengan alasan kenapa kamu menjual produk atau jasa tersebut. Pikirkan apakah memang menjadi kebutuhan banyak orang? Apakah dapat menyeselaikan permasalahan yang ada? Apakah berdampak secara signifikan? Hal ini akan menjadi landasan yang kuat sebagai awal terhadap keberlanjutan bisnis.

  1. Tentukan Target Pasar

Bukan menjadi hal yang baik jika kita menargetkan produk atau jasa ke semua orang, karena permasalahannya tidak selalu sama. Untuk menarik konsumen secara efektif, perlu adanya target yang spesifik. Kenali target konsumen kamu. Bisa dengan melakukan riset, survey, bahkan bertanya langsung.

Beberapa aspek yang bisa menjadi pertimbangan yaitu usia, tempat tinggal, pekerjaan, hobi, waktu menggunaan media sosial, kebiasaan, dan banyak lagi. Semakin banyak dan spesifik informasi membuat peluang berhasil meningkat.

  1. Buat Tujuan yang Jelas

Mempunyai tujaun yang jelas membuat proses tiap proses akan memiliki checkpoint. Seperti halnya game, untuk mencapai level tertinggi perlu sebuah experience (XP) dengan menyelesaikan misi-misi. Secara tidak langsung juga melatih keahlian kita dalam bermain game hingga menjadi expert dan level tertinggi tersebut akan tercapai.

Namun, terkadang sebuah proses tidak berjalan mulus. Tidak masalah. Dengan terus mencoba dan ingat tujuan, kapasitas kita akan menjadi lebih besar dan pengalaman juga meningkat. Sehingga, kita sudah terbiasa untuk menghadapi tantangan berikutnya.

  1. Produksi Konten yang Menarik

Memulai konten dengan membagikan informasi yang bermanfaat untuk para konsumen. Seperti konten tentang tutorial, tips & trick, penjelasan produk atau jasa. Tentunya masih berkaitan dengan produk atau jasa yang berjalan.

Format konten bisa menggunakan video maupun tulisan infografis. Lakukanlah interaksi dengan para konsumen pada kolom komentar agar konsumen merasa ter notice dan trust bisa meningkat.

Gunakan aturan “80-20”, artinya 80% konten berisi tentang edukasi, hiburan, dan informasi. Sedangkan 20% konten yang berisikan promosi bisnis dengan menawarkan solusi dari permasalahan calon konsumen.

  1. Budgeting Facebook Marketing

Masalah utama pada bisnis baru adalah terbatasnya budget untuk menjalankan bisnisnya. Lakukan cara cerdas untuk meminimalisasi pengeluaran, tapi memiliki hasil yang maksimal.

Sesuaikan budget dengan kebutuhan kamu. Ambil cara yang gratis dan murah untuk pembuatan konten yang bisa meningkatkan awareness.

Baca juga Brand Awareness: Pengertian dan Cara Menciptakannya!

  1. Lakukan Optimalisasi Halaman Facebook

Facebook Marketing dan tujuan akan sulit tercapai jika halaman Facebook tidak terjangkau oleh para calon konsumen. Hal-hal kecil seperti memerikan foto profil, banner, dan dekripsi tentang bisnis akan sangat memengaruhi keputusan konsumen untuk melihat lebih lanjut atau tidak.

Manfaatkan segala fitur pada halaman bisnis untuk menjunjang Facebook Marketing. Buatlah konten yang bisa memancing konsumen ke tahap berikutnya. Seperti mengunjungi website, mengirimkan pesan chat, membagikan konten ke lebih banyak orang, memberikan komentar dan like, dan banyak lagi. Sehingga statistik halaman bisnis secara konsisten terjadi peningkatan.

  1. Maksimalkan Tools

Ketahui dan manfaatkan tools yang bisa membantu untuk mengoptimalkan Facebook Marketing, yaitu:

  • Facebook Business Manager untuk mengatur dan mengelola konten, ads dalam satu tempat,
  • Facebook Groups sebagai sarana berbagi informasi,
  • Messenger yang untuk melakukan chat secarap personal dengan calon konsumen,
  • Ads Manager untuk mengelola iklan produk atau jasa dengan fitur yang lebih lengkap.

 

Itulah artikel Panduan Dasar Facebook Marketing yang memberikan kemudahan untuk melakukan bisnis secara online, bisa menjangkau konsumen lebih luas, biaya yang bisa fleksibel, meningkatkan brand awareness, dan lebih mudah untuk berinteraksi dengan konsumen.

Bagaimana, sudah siap untuk memulai bisnis online?

Cek Plagiarism Artikel1

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *