
sejarah analisis SWOT
Analisis ini menggunakan metode perencanaan strategi yang memiliki manfaat untuk mengevaluasi kekuatan (Strenght), kelemahan (weakness), peluang (Oppertunities), dan ancaman (threats).
Albert S Humphrey merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan sebuah analisa SWOT pada tahun 1960 dalam proyek riset di standford institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan fortune 500. Sebagai pembisnis pemula kita dapat menggunakan analisis ini dalam menentukan perusahaan kedepannya. Metode ini digunakan untuk menemukan permasalahan dari 4 (empat) sudut pandang yang berbeda.
Sebelum memulai bisnis anda harus mengetahui terlebihi dahulu metode analisis SWOT dari empat sisi yang berbeda karena tujuan utama analisis SWOT adalah mengembangkan kesadaran penuh dari segala faktor dalam penentuan keputusan bisnis
Metode analisis SWOT
Berikut pengaplikasian metode analisi SWOT :
- Bagaimana kekuatan (strengths) mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada
- Bagaimana mengatasi kelemahan (weakness) yang mampu mengurangi keuntungan bisnis
- Bagaimana kekuatan (strengths) menghadapi ancaman (threats) yang mungkin terjadi
- Bagaimana mengatasi kelemahan (threats) sehingga mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata
Dengan menggunakan 4 metode analisis ini maka memberikan kemudahan untuk merealisasikan visi dan misi suatu perusahaan
baca juga : 4 dasar strategi pemasaran bagi pemula

Manfaat analisis SWOT
- Mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi
Sebuah perusaahan harus memiliki kemampuan adaptasi untuk mengikuti perkembangan zaman karena sebagai modal untuk berkembang ataupun mempertahankan diri. Analisis swot ini mampu mengindikasi masalah-masalah terkait teknologi informasi sehingga mampu mengantisipasi dari ketinggalan zaman dan kalah bersaing dengan competitor
- Jaringan pemasaran semakin luas
Dengan menerapkan analisis swot perusaahan akan berhasil memperluas jaringan pemasaran
- Memudahkan analisi keuangan
Perusahaan yang menggunakan bahan-bahan swot sebagai analisis keuangan umumnya akan lebih rinci karena perusahaan tersebut telah menekankan beberapa target khusus yang telah dibidik selama periode tertentu. Dengan menggunakan analisa swot keuangan suatu perusahaan akan menjadi efisien, tidak boros, adanya pemetaan dan meningkatkan kuantitas produksi secara signifikan
- Menghadirkan inovasi baru
Setiap tahun akan selalu muncul pesaing baru yang menawarkan hal lebih menggiurkan bagi pasar. Hal tersebut merupakan ancaman bagi perusaah yang sebelumnya. Penggunaan analisis swot menjadi salah satu metode yang mampu digunakan dalam melakukan riset untuk mengembangkan inovasi produk baru.
- Mencegah kerugian besar perusahaan
Menggunakan analisis swot membuat perusahaan mampu mengenali kelemahan, mencari peluang, mewaspadai setiap ancaman dan mencari konsep serta strategi yang lebih relewan hal ini berguna untuk menekan angka kerugian.
Dengan menggunakan analisis ini perusahaan anda bisa mencegah kerugian dan ancaman serta mampu mencari peluang keuntungan lebih besar
untuk bisa mengikuti pelatihan silahkan kunjungi website campus digital