Kursus Online Prakerja

Kursus Online Prakerja

Pemerintah RI telah meluncurkan program Kartu Prakerja. Kartu Prakerja merupakan  program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang untuk para pencari kerja atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Sehingga program ini memberikan insentif kepada peserta untuk mengikuti program kursus baik secara online maupun offline. Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) sudah menyediakan kursus online prakerja untuk masyarakat. Dalam artikel ini akan membahas beberapa kursus online prakerja yang bisa kamu ikuti untuk menambah kompetensimu.

Kursus Prakerja

Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar startup Indonesia dalam membuat kursus online prakerja. Lewat platform yang telah disediakan Kemnaker dan beberapa perusahaan startup memberikan kesempatan kepada masyarakat yang lolos menjadi peserta program prakerja bisa bebas memilih bidang kursus yang ada pada masing-masing platform. Berikut ini beberapa bidang dan mitra lembaga kursus prakerja.

1. Tokopedia

Tokopedia menawarkan kursus mulai dari bidang bisnis, IT dan data, bahasa, marketing, fotografi, kecantikan, hingga jasa. Adapun mitra lembaga kursus yang telah bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyukseskan program Kartu Prakerja antara lain : Udemy, Cakap, Pakar, Excellhhhhhence Asia, Luar sekolah, Kelas.com, Binus Center, Tech in Asia Edu, Dicoding, dsb.

2. Bualapak

Bukalapak menyediakan voucher untuk mengambil kursus di berbagai lembaga, seperti IndonesiaX, Tempo Insitute, dan Baba Studio. Peserta dapat menggunakan voucher guna untuk mengikuti kursus atau mengikuti sertifikasi online pada platform mitra lembaga kursus yang sudah bekerjasama dengan Bukalapak.

3. Skill Academy

Skill Academy adalah unit bisnis lain dari startup edutech Ruangguru. Menyasar segmen dewasa, Skill Academy memposisikan diri sebagai penyedia platform kursus online & offline bersertifikat. Melalui kursus berbasis video belajar dan tutorial online, pengguna dapat mengakses ratusan kelas dengan topik seperti pengembangan diri, persiapan tes, desain, marketing, teknologi & software, kewirausahaan, dan keuangan yang diajarkan oleh pakar-pakar terbaik pada industri tersebut, dan mendapatkan sertifikat kelulusan setelah pelatihan selesai.

4. Pintaria

Startup edutech yang berdiri di bawah naungan Haruka Edu ini menyediakan berbagai bidang kursus seperti bahasa, IT, bisnis, kulinari, industri kreatif, perhotelan, dan lainnya. Pintaria merupakan platform e-learning Haruka Edu yang memberikan pelatihan di berbagai bidang untuk mitra lembaga kursusnya. Kamu bisa mengikuti kursus online prakerja ini untuk melatih kemampuanmu.

5. Sekolahmu

Sekolahmu Kartu Prakerja dapat mendukung pelatihan dengan kurikulum aplikatif yang telah tersusun secara kolaboratif dengan pemimpin usaha dan industri, praktisi profesional dan ahli pendidikan. Adapun macam kelas kursus yang tersedia di Sekolahmu mulai dari menjahit, coding, digital marketing, bahasa, sampai dengan public speaking.

6. Kemnaker

Lewat kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) pemerintah memberikan kursus online prakerja gratis. Kursus ini mencakup berbagai bidang mulai dari manufaktur, las, otomotif, IT, pariwisata, kecantikan, perikanan, bisnis, hingga industri kreatif. Untuk kamu yang sudah menyelesaikan kelasnya kamu bisa mendapatkan sertifikkat.

Bagi kamu yang ingin mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat profesi, bisa bergabung di Campus Digital. Campus digital memberikan panduan memulai bisnis bagi pemula maupun profesional dan menyediakan sertifikasi profesi yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan. Yuk, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *