Kelebihan dan Kelemahan Jualan Online di Twitter

Kelebihan dan kekurangan jualan online di twitter
Kelebihan dan kekurangan jualan online di twitter

Bagi para pembisnis yang sudah mencoba mempromosikan produknya di twitter tentu sudah merasakan beberapa fitur dan juga manfaatnya. Sama seperti media sosial lainnya twitter pun memiliki beberapa keunggulan dan juga kelemahan dalam penggunaannya. apalagi jika di gunakan sebagai media promosi. Salah satunya kelemahannya adalah twitter membatasi kita untuk membuat caption dan hanya sekitar 280 saja. Yuk makanya simak baik-baik Kelebihan dan Kelemahan Jualan Online di Twitter yang mungkin belum kamu ketahui!

Hingga kini banyak sekali yang memanfaatkam jejaring sosial twitter sebagai media promosi, hal tersebut mungkin agar produk yang mereka upload banyak yang melihat. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa untuk mempromosikan suatu produk kamu jangan hanya mengandalkan 1 media sosial saja untuk promosi. Kamu harus mencoba mempromosikan di setiap media sosial kamu, dan juga kamu bisa membuat marketplace untuk menunjang berjalannya transaksi dan pembayaran agar lebih aman.

Hal tersebut di karenakan setiap media sosial memiliki banyak kelemahan dan keterbatasan, maka dari itu kamu jangan hanya berpatok untuk mempromosikan dan menjual produk kamu.

Baca juga Konten TikTok Bisa Viral?Yuk Simak Tipsnya

Terlepas dari semua kemudahan dan kenyamanan ternyata twitter memiliki kelebihan dan kelemahan loh gais. Apa saja sih? Yuk simak baik-baik penjelasan di bawah ini

Kelebihan Jualan Online di Twitter

Kelebihan Jualan di Twitter

Twitter dapat di katakam media sosial yang juga sangat populer di indonesia bahkan di dunia, Aplikasi ini tidak hanya di peruntukkan untuk berkomunikasi dan mempererat pertemanan tetapi aplikasi twitter juga dapat di gunakan sebagai media untuk mencari informasi,membaca berita dan juga sebagai media promosi yang efektif.

Berbicara tentang media promosi yang efektif,apakah kamu tau apa saja kelebihan twitter di bandingkan media sosial lainnya? Jika kamu belum tau yuk simak baik-baik kelebihannya.

1. Fitur hastag

Dengan fitur hastag tersebut memudahkan seseorang untuk mencari postingan yang sekelompok dan serupa contohnya jika kamu mempromosikan baju thrift atupun dengan hastag populer yang serupa. maka kamu dapat membuat hastag #BajuThrift maka memungkinkan seluruh pengguna twitter menemukan produk kamu tersebut. Pastikan pula hashtag tersebut populer sebelumnya.

2. Menjalin Interaksi Lebih dekat dengan costumer

Berbeda dengan berjualan secara langsung jika kita menggunakan twitter sebagai media promosi maka kamu dapat dengan mudah berinteraksi dengan calon costumer di komentar tweet ataupun di direct massage. Hal tersebut tentunya sangat memudahkan bagi para calon costumer yang ingin bertanya lebih lanjut tentang produk tersebut.

3. Iklan Promosi dapat dengan mudah di lihat siapapun

Jika kamu menggunakan twitter ads maka iklan promosi kamu dapat di lihat oleh siapapun. Hal tersebut di karenakan iklan pada twitter akan muncul pada timeline siapapun, dan juga biasanya muncul di bagian atas pencarian twitter. Jika para pengguna twitter telah melihat maka selanjutnya akan penasaran dan membeli produk kamu.

4. Membuat Merek produk kamu menjadi lebih terkenal

Jika kamu mempromosikannya secara rutin dan dengan niat yang kuat, maka lama kelamaan merek produk kamu akan semakin banyak yang mengenal. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat konten tweet yang unik, menyewa jasa endors, serta membuat promo dan penawaran yang menarik. Jika kamu melakukan trik tersebut tentunya produk kamu semakin terkenal.

Kekurangan Jualan di Twitter

1. Karakter untuk caption terbatas

Berbeda dengan media sosial lainnya twitter hanya bisa menggunakan 280 karakter jika kita ingin membuat caption. Hal ini tentunya sangat menyulitkan bagi kamu yang ingin membuat deskripsi lengkap pada tweet promosi kamu.

2. Tidak ada fitur menu marketplace seperti facebook/tiktok

Berbeda dengan facebook dengan fitur marketplace nya dan tiktok dengan fitur tiktokshop nya, twitter tidak memiliki fitur untuk berjualan langsung melalui aplikasinya, hal ini tentunya sangat menyulitkan jika pengguna twitter untuk mencari suatu barang yang diinginkan.

Di twitter untuk melakukan transaksi kamu hanya dapat bertransaksi secara manual / transfer, ataupun dengan bantuan marketplace lainnya. Hal tersebut di karenakan twitter tidak memiliki fitur khusus untuk transaksi, seperti pembayaran,pelacakan paket dll.

3. Foto yang dapat di upload Terbatas

Kamu tidak bisa mengupload banyak foto dalam sekali upload, hal tersebut tentunya sangat menyulitkan bagi pembeli untuk melihat foto detail produk kamu, di karenakan yang di upload hanya satu. Tetapi untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat menggunakan fitur tweet thread, yang di mana kamu dapat membuat postingan dengan melanjutkan postingan kamu sebelumnya yang belum selesai.

4. Membutuhkan banyak followers agar bisa terkenal

Jika kamu ingin di kenal dan dipercaya orang lain maka indikator utama yang dilihat oleh pengguna twitter adalah jumlah followers nya. Jika kamu memiliki sedikit followers maka akun jualan kamu akan kurang di lirik oleh orang lain.

Kamu harus menggunakan strategi tertentu untuk menarik hati followers salah satunya adalah dengan mengadakan giveaway.

Sekian artikel mengenai Kelebihan dan kekurangan jualan online di twitter, untuk berbagai informasi dan artikel menarik lainnya silahkan kunjungi laman Campus Digital.

Pemeriksaan plagiarisme
Pemeriksaan plagiarisme

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *